Lima Alasan Mengapa Harus Kunjungi Cappadocia Kendati Hanya Sekali

  • Whatsapp

CAPPADOCIA, beritalima.com -Cappadocia adalah salah satu daerah di Turkiye yang memikat wisatawan dengan keindahan alam dan lokasi bersejarahnya yang menakjubkan. ‘Wilayah dongeng’ ini menawarkan pengalaman unik di setiap musim dengan hotel guanya, balon udara warna-warni, pertunjukan budaya yang khas, dan warisan pembuatan tembikar serta budidaya anggur yang berusia ribuan tahun.

Berikut lima alasan mengapa Anda tidak boleh melewatkan perjalanan ke Cappadocia.

Cerobong Peri. Simbol Cappadocia ‘Fairy Chimneys’ atau Cerobong Peri adalah gambaran pertama yang terlintas dalam pikiran saat mengingat Cappadocia. Formasi batuan kuno yang melambangkan Cappadocia dapat dilihat dari mana saja di wilayah ini. Contoh cerobong peri terbaik berlokasi di Pasabag, di mana bentuk kerucutnya dengan ‘topi’ terbentuk dari bebatuan keras.

Cara terbaik untuk menikmati pemandangan menakjubkan dari formasi bebatuan ini adalah dari balon udara. Saat balon perlahan naik ketika matahari terbit, Anda akan berkesempatan untuk melihat lembah Cappadocia yang spektakuler di bawah kaki Anda.

Pilih kamar Anda di Hotel Gua.
Menginap di ‘hotel gua’ adalah salah satu pengalaman paling tak terlupakan yang ditawarkan Cappadocia kepada para pengunjungnya. Arsitektur dan desain hotel gua yang unik menambah pesona tempat ini, menjadikannya destinasi yang wajib dikunjungi bagi para pelancong.

Menyaksikan matahari terbenam sambil menyeruput kopi di hotel ini, di mana tekstur historis dan alami dari area ini berpadu dengan kemewahan modern, akan membuat perjalanan Cappadocia Anda tak terlupakan.

Kota Bawah Tanah yang Megah akan Membawa Anda Kembali ke Masa Lalu.
Cappadocia adalah rumah bagi peninggalan penting yang berasal dari masyarakat Het pada milenium kedua sebelum masehi hingga tempat tinggal peradaban yang terus berlanjut.

Museum Terbuka Goreme, yang masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO sejak 1985, menjadi luar biasa karena situs keramatnya yang dipahat pada bebatuan dan lukisan dinding yang menggambarkan pemandangan penting dari sejarah awal kristen.

Kota-kota bawah tanah adalah salah satu daya tarik yang membuat perjalanan Cappadocia menjadi spektakuler. Kota-kota ini, yang berasal dari abad ketujuh dan kedelapan Masehi, juga digunakan oleh penganut kristen awal untuk beribadah secara terbuka.

Kota-kota bawah tanah seperti Kaymaklı, Derinkuyu, Ozkonak dan Mazı telah bertahan selama beberapa dekade dan menawarkan wawasan tentang kehidupan “bawah tanah” masyarakat di wilayah tersebut, seperti terowongan, kamar, lumbung, gudang anggur, ruang makan, gereja, dan gudang makanan.

Terdapat gereja-gereja yang diukir di bebatuan, kandang merpati, tanaman merambat, dan kota bawah tanah di Lembah Gomeda yang terbentang di sepanjang Sungai Uzengi.

‘Three Beauties’ atau ‘Ketiga Wanita Cantik’, yaitu tiga cerobong peri berdekatan yang didefinisikan sebagai ‘ayah, ibu dan anak’ di Kastil Ortahisar dan distrik Urgup juga merupakan tempat yang wajib dikunjungi di Cappadocia.

Atraksi Cappadocian, Tur Balon Udara Legendaris dan masih banyak lagi kegiatan yang paling sering dikaitkan dengan Cappadocia adalah wisata balon udara. Pengalaman safari off-road memungkinkan Anda untuk melihat lebih dekat ke dalam lembah, pemukiman batu, dan cerobong peri di kawasan ini.

Jika anda ingin menjelajahi Cappadocia dengan berjalan kaki, jalur pendakian yang menarik di kawasan ini adalah jalur yang sempurna. Cappadocia, ‘negeri dengan kuda-kuda cantik’, juga dapat dijelajahi dengan menunggang kuda yang terbiasa dengan wilayah tersebut.

Tembikar adalah pengalaman unik lain yang ditawarkan Cappadocia kepada para pengunjungnya. Menghadiri bengkel tembikar di Avanos yang terkenal dengan tanah liatnya yang lembut dan berminyak dan berasal dari dasar sungai Kızılırmak dapat menjadi bagian dari aktivitas yang menyenangkan.

Pengalaman Gastronomi Unik Cappadocia, di mana hidangan lokal bahkan berubah menjadi hidangan pesta yang meriah, juga menjadi daya tarik bagi para pecinta kuliner. Testi kebab adalah representasi kelezatan masakan Cappadocia yang harus dicoba, dimana masakan ini kaya akan resep yang diolah dari sayuran dan buah-buahan yang ditanam di lahan subur di kawasan ini.

Makanan khas daerah lainnya yang biasanya disajikan kepada para pengunjung di Cappadocia adalah sup aprikot, puding beras dengan kunyit, Nevsehir mantisi (sejenis ravioli), dan krim kental.

Cappadocia juga memiliki warisan pembuatan anggur yang mengakar sejak ribuan tahun yang lalu. Oleh karena itu, Anda harus mencicipi minuman anggur dari anggur lokal endemik. (Gan)

Teks Foto: Cappadocia, alamnya yang indah, banyaknya cerobong peri, hotel gua dan balon warna-warni, sungguh pemandangan yang menakjubkan.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait