Lomba Balap Merpati Peringatan Harjalu Ke 763 Banyak Diikuti Peserta Dari Luar Kota

  • Whatsapp

LUMAJANG,beritalima.com- Semarak peringatan hari jadi kota Lumajang ke 763, ditandai lomba balap Merpati piala Bupati Cup 1. Ratusan peserta lomba hadir memeriahkan lomba, Minggu, 09 Desember 2018. Hadir juga Bupati, Kapolres dan ketua DPRD Lumajang.

Pelaksanaan lomba Balap Merpati tersebut dipusatkan di lapangan Kebonsari, Kecamatan Yosowilangun, kabupaten Lumajang. Peserta kurang lebih 120 orang yang berasal dari berbagai Daerah di Jawa Timur, diantaranya Jember, Probolinggo, Banyuwangi, Situbono, Bondowoso dan Pasuruan.

Merpati jantan ini dilepas oleh para joki dari jarak sepanjang 1000 meter atau 1 kilometer dari finish. Jenis lomba terbagi menjadi tiga yaitu yang pertama berjarak 500 meter, yang kedua berjarak 800 meter serta Lomba utama berjarak 1000 meter/1 Kilometer.

Dalam kesempatan ini, bupati Lumajang, Thoriqul Haq (cak Thoriq) menyampaikan, bahwa pihaknya mengapresiasi lomba tersebut, karena hal itu merupakan salah satu bentuk upaya melestarikan budaya tradisional Indonesia, yang asalnya dari jawa.
“Tentu kami mengapresiasi Lomba balap merpati ini, yang salah satunya untuk melestarikan budaya tradisional sebagai warisan budaya asli Indonesia”, jelas cak Thoriq.

Ketua Panitia yang juga Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Agus Wicaksono, S.Sos., menyampaikan, bahwa Lumajang sudah dipercaya oleh Persatuan Penggemar Merpati Balap sprint Indonesia (PPMBSI) untuk menyelenggarakan kejurnas balap merpati pada 2019 nanti. “Rencanya piala burung merpati tingkat Nasional ini akan digelar pada bulan dua 2019 nanti”, ujar Agus Wicaksono.

Dalam sambutannya, Kapolres Lumajang, AKBP DR. Mohammad Arsal Shahban, S,H., S.IK., M.M., M.H., menghimbau kepada masyarakat agar tidak menyalahgunakan lomba ini untuk hal-hal yang negatif, seperti Judi.

Kapolres juga menyampaikan berita gembira kepada masyarakat Lumajang, yaitu kesempatan khususnya generasi muda, pemuda/pemudi yang ingin mengabdikan dirinya untuk menjadi anggota Polri. Polres Lumajang memfasilitasi putra putri terbaik ini untuk dilatih bersama tanpa dipungut biaya apapun,” ujar Arsal Sahban.

Dalam kesempatan itu Bupati beserta Kapolres dan Ketua DPRD menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba balap burung merpati. juara satu diraih oleh Super Hero Lumajang, juara dua Setan Balap Wonorejo Lumajang, dan ketiga In In dari Kalisat, Jember, keempat Santet dari Klakah, Lumajang. (Jwo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *