beritalima.com

Macapat Terlama, Disdik Sumenep Mendapat Rekor Leprid di Hari Guru Nasional

  • Whatsapp
Hari Guru Nasional (HGN) ke-75 tahun di Kabupaten setempat, memperoleh penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) sebagai rekor baru dunia, Rabu, 25 November 2020

SUMENEP, beritalima.com| Pagelaran macapat yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke -75 tahun di Kabupaten setempat, memperoleh penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) sebagai pemecah rekor baru dunia, Rabu, 25 November 2020.

Rekor baru ini berdasarkan pegelaran macapat terlama dan jumlah kelompok yang dilibatkan.

Bacaan Lainnya

Penghargaan diberikan langsung oleh Ketua Umum Leprid, Paulus Pangka, di Gedung Ki Hajar Dewantara sebagai lokasi pagelaran macapat.

Paulus Pangka mengatakan, sesuai catatan pagelaran macapat ini menjadi yang terlama di dunia dengan waktu 75 jam lebih tanpa jeda mulai tanggal 22 hingga 25 November 2020 dan melibatkan 13 kelompok.

“Keputusan pagelaran macapat ini sebagai rekor baru dunia melalui berbagai penilaian dan survei,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, timnya berada di lapangan untuk melakukan pengecekan secara berkala, baik laporan via telpon, Instagram dan lainnya.

“Yang kita tekankan adalah jangan sampai ada kaset, tapi harus dilakukan secara langsung. Hasilnya sangat baik. Macapat ini tercatat berlangsung sangat lama,” tukasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Carto menuturkan, diraihnya rekor dunia pagelaran macapat menjadi kebanggaan tersendiri.

“Kesenian macapat dilibatkan dalam Hari Guru Nasional sebagai upaya melestarikan budaya. Selain itu untuk mendekatkan siswa kepada warisan leluhur dan diharapkan tercipta regenerasi,” ungkapnya.

(***)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait