Makan Tauge Bisa Timbul Kesuburan ?

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr.Robert Arjuna FEAS*
Ketika saya bertamu ke rumah Pak Piter saya dihidangi makan siang dan salah satu menu adalah makan Tauge, enak dan gurih rasanya berbeda dengn rumah Pak Aminruddin mereka buat gado gado dengan topingnya tauge, begitu Bu Sherly buat soto juga ada tauge didalamnya

Toge digunakan sebagai sayuran pelengkap di soto, tumis, gado-gado, pecel, dan masih banyak lagi. Toge juga menjadi pelengkap hidangan yang bermanfaat untuk tubuh. Proses pertumbuhan biji ke toge cukup mudah. Biji toge direndam selama beberapa jam di suhu dan kelembaban yang tepatToge alias tauge yang umum digolongkan sebagai sayuran ini, sudah dikenal lama sebagai salah satu sumber makanan untuk menambah kesuburan pria. Selain itu, toge ternyata juga memiliki sejumlah manfaat lain bagi kesehatan. Lantas, apa saja kandungan gizi pada toge yang bermanfaat untuk tubuh? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Toge merupakan salah satu jenis sayur yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Banyak manfaat toge yang bisa Anda konsumsi, akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah risiko yang dapat mengganggu kesehatan.Toge juga menjadi salah satu makanan bernutrisi yang mudah dicerna. Seorang ahli gizi menuturkan bahwa proses pertumbuhan biji menjadi toge (sprouting) merupakan proses memecah bentuk biji-bijian. Sayuran ini berasal dari tumbuhan muda yang baru berkecambah. Walaupun terdapat berbagai tumbuhan atau kacang-kacangan yang kecambahnya bisa Anda makan, namun masyarakat Indonesia lebih umum mengonsumsi toge yang berasal dari kacang hijau (Vigna radiata) dan kacang kedelai (Glycine max).

KANDUNGAN TOUGE
Air: 90,4 gram, Kalori: 34 kkal, Protein: 3,7 gram, Lemak: 1,2 gram,Karbohidrat: 4,3 gram,Serat: 1,1 gram,Kalsium: 166 miligram,Fosfor: 74 milligram,Zat besi: 0,8 miligram,Natrium: 19 miligram,Kalium: 93,3 miligram,Tembaga: 0,16 miligram,Seng (Zinc): 0,4 miligram,Beta karoten: 41 mikrogram,Karoten total: 20 mikrogram,Thiamin: 0,09 miligram,Riboflavin: 0,015 miligram, Niacin: 1,1 miligram,Vitamin C: 5 miligram, Air: 81,0 gram,Kalori: 76 kkal,Protein: 9,0 gram, Lemak: 2,6 gram,Karbohidrat: 6,4 gram, Serat: 0,7 gram,Kalsium: 50 miligram,Fosfor: 65 milligram, Zat besi: 1,0 miligram, Natrium: 5 miligram.Kalium: 212,4 miligramTembaga: 0,26 miligram, Seng (Zinc): 0,7 miligram,Beta karoten: 0 mikrogram.Karoten total: 110 mikrogram ,Thiamin: 0,23 miligram ,Riboflavin: 0,19 miligram,Niacin: 1,2 miligram,Vitamin C: 15 miligram

MANFAAT TOUGE BAGI KESEHATAN
1. Meringankan kerja sistem pencernaan dalam tubuh
2. Membantu penyerapan zat besi, vitamin C, dan zinci
3. Gangguan pencernaan, ataupun yang memiliki reaksi hipersensitivitas terhadap biji-bijian.
4. Mengontrol tingkat gula darah.
5. Meningkatkan metabolisme
6. Meningkatkan sirkulasi darah dan memulihkan anemia
7. Menurunkan berat badan
8. Menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke
9. Meningkatkan sistem imun
10. Menyehatkan dan menumbuhkan rambut
11. Mencegah kanker
12. Manfaat Toge untuk Pria
13. Manfaat Toge untuk Wanita
14. Mencegah Osteoporosis
15. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
16. Perawatan Kulit
17. Mencegah Gangguan Menstruasi
18. Kandungan Estrogen
19. Anemia (kekurangan darah)
20. Sembelit
21. Merawat Kuku
22. Kesehatan Mata
23. Kesehatan Rambut

Manfaat toge untuk kesuburan
1. Meningkatkan kualitas sperma
2. Mencegah gangguan menstruasi dan menopause

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengonsumsi Toge
1. memiliki kemungkinan mengandung bakteri Salmonella.
2. terkena bakteri E. coli yang juga dapat menyebabkan infeksi.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengonsumsi Toge
Beragam manfaat toge di atas dapat diperoleh jika Anda mengolahnya dengan benar. Jika tidak, Anda justru berisiko mengalami gangguan pencernaan. Hal ini dapat terjadi karena toge bisa mengandung berbagai bakteri penyebab penyakit, seperti Salmonella dan E. coli.
1. Perhatikan kesegarannya
2. Cuci di bawah air mengalir
3. Masak hingga matang
4. Cium bau toge yang akan Anda beli. Jika toge masih segar, seharusnya tidak berbau.
5. Cuci bersih toge serta sayur dan buah-buahan lain, untuk menghilangkan bakteri yang berbahaya.
6. Setelah dicuci bersih, segera masukkan toge ke kulkas atau lemari pendingin.
7. Hindari konsumsi toge mentah. Masak toge hingga benar-benar matang, yang ditandai dengan air mendidih.
8. Penting diperhatikan, toge mentah sama sekali tidak boleh dikonsumsi anak-anak, ibu hamil, lanjut usia, dan orang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah.
Yang perlu kembali ditekankan dalam mengonsumsi toge yaitu hindari mengonsumsi toge mentah. Disarankan untuk memasak toge hingga benar-benar matang, agar terhindar dari berbagai bakteri berbahaya. Hal tersebut dapat membuat manfaat toge tetap optimal saat dikonsumsi, tanpa menimbulkan risiko kesehatan.

Manfaat toge untuk kesehatan dapat diperoleh secara optimal jika Anda mengolahnya dengan benar. Bila setelah mengonsumsi toge Anda mengalami sakit perut, muntah, atau diare, segera periksakan diri ke dokter agar dapat ditangani dengan tepat.Kemungkinan hal itu disebabkan pemilihan biji yang kurang higienis, sanitasi yang kurang baik, ataupun terkontaminasi saat proses sprouting atau bertunas. Selain itu, kondisi hangat dan lembap selama proses perubahan kacang menjadi toge juga dapat mendukung perkembangbiakan bakteri.
Demikian sekilas info,semoga bermanfaat.
RobertoNews1530《29.8.22(06.30)》
*,Praktisi Dokterv& Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait