Makna Sebuah Talipusat Bayi

  • Whatsapp

Oleh
DR. dr. Robert Arjuna FEAS *
Manusia sekarang makin lama makin pandai,bisa menggunakan segala fasilitas yang ada seperti tali pusat bayi Dahulu kala, setiap kali kelahiran tali pusat bayi bersama Placenta dibuang n dikubur,namum dI era 80-an kita sering dengar bahwa bayi yang baru lahir tali pusat dititip di RS Singapre untuk sebagai bahan riset atau menolong pendetita penyakit kronis ysng tsk kunjung sembuh srperti Kanker darah,Penyakit Liver, Parkinson dan lain lain.Data dari Cleveland Clinic, tali pusar ini sangat penting bagi kelangsungan hidup bayi dalam kandungan karena membawa nutrisi dan oksigen dari plasenta ke aliran darah.
Tali pusar atau tali pusat bayi baru lahir akan puput atau lepas dalam waktu satu hingga tiga minggu setelah kelahiran. Sepanjang belum terlepas, orang tua bayi perlu menjaga area tersebut tetap bersih dan kering. Ini karena kondisi basah dan lembap dapat memicu pertumbuhan kuman penyebab infeksi.

PERKEMBANGAN TALI PUSAT
Pada tahun 1960, Pertama ditemukan Stemcell (sel punca )dari darah digunakan untuk mengobati kanker. Di awal tahun pengobatan dengan cara ini kurang berhasil, akan tetapi seiring waktu n proses cangkok sumsum tulang menjadi pilihan untuk menyelamatkan jiwa penderita.
Penderita yang mengidap leukemia dan berbagai penyakit keganasan darah yang lain. Karena kebutuhan akan sel punca inilah, berbagai riset dan penelitian kemudian berhasil menemukan keberadaan sel punca di dalam darah tali pusat, dan pada akhirnya digunakan dalam transplantasi darah tali pusat.

Apa Kelebihan Stemcell darah?
Stemcell atau disebut Sel punca darah dapat ditemukan di darah tali pusat, sumsum tulang, dan pada sirkulasi darah tepi. Sel punca darah ini akan terus berkembang dan akhirnya menjadi sel- sel darah setelah matang, membelah jadii sel darah merah( eritrosit ), sel darah putih(lekosit) dan keping darah (trombosit).
Masing masing dari -sel ini akan melakukan fungsi-fungsi yang spesifik, seperti membawa oksigen (merah), melawan infeksi (putih), dan mencegah pendarahan (trombosit).

MAKNA TALI PUSAT BAYI
Setelah kelahiran bayi, tali pusat dan plasenta ini adalah sumber yang sangat kaya akan Stemcell atau sel punca. Karena sel punca dari darah tali pusat dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.Waspadalah untuk tanda tanda infeksi tali pusat :
1. Nanah di tali pusar.
2. Kulit di sekitar area tali pusat bengkak dan berwarna kemerahan.
3. Tali pusat berwarna kekuningan atau berbau tidak sedap.
4. Tali pusat mengalami perdarahan yang banyak dan terus-menerus.
5. Bayi menangis setiap kali tali pusat atau kulit di sekitarnya tersentuh.

PERAWATAN TALI PUSAT
Perawatan tali pusat bayi baru lahir harus dilakukan dengan cara yang benar. Tujuannya adalah untuk mencegah iritasi dan infeksi pada tali pusar bayi. Langkah apa saja yang perlu dilakukan dalam merawat tali pusat Si Kecil? Simak informasinya dalam ulasan berikut ini!
1. Menjaga tali pusat tetap bersih
2. Menjaga tali pusat tetap kering
3. Mandikan bayi dengan cara dilap
4. Hati-hati saat memakaian baju
5. Jangan mencabut sisa tali pusat

PERAN STEMCELL TALI PUSAT
Stemcell dari tali pusat adalah sel yang masih sangat muda dan sehat, dan lebih memiliki kesempatan yang besar untuk memberi kecocokan bila digunakan untuk transplantasi.
Semakin banyak keluarga yang telah memilih untuk menyimpan darah tali pusat bayi mereka, karena:
1. metode yang aman, bebas dari rasa sakit,kontroversi untuk mendapatkan sel punca.
2.potensi yang besar untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk kanker dan kelainan darah.
3. Lebih disukai dalam transplantasi stemcell karena terjadinya komplikasi lebih rendah
4. Dapat digunakan sewaktu-waktu diperlukan,
5. Menjamin kecocokan 100% bagi bayi anda.
6. Dapat meningkatkan kemungkinan kecocokan bagi anggota keluarga si bayi.
7. Diakui sebagai metode pengobatan yang paling menjanjikan di masa depan.
Dengan kemampuannya untuk berkembang menjadi jaringan yang lain, Stemcell memberi harapan bagi pengobatan dari berbagai macam penyakit yang umum ditemukan dsn berbahaya bagi kesehatan manusia antara lain dapat mengancam jiwa.
Penelitian masih terus dilakukan dan Stemcell memberi harapan yang besar untuk dapat mengobati penyakit – penyakit seperti di bawah ini:
1. Penyakit Alzheimer’s
2. Diabetes
3.Penyakit Jantung
4. Penyakit Liver
5. Muscular Dystrophy
6. Penyakit Parkinson’s
7.Cedera Tulang Belakang
8.Stroke
Sejak itu ribuan pencangkokan stemcell darah tali pusat sudah dilakukan di seluruh dunia dalam menangani lebih dari 70 penyakit.Riset sel punca berkembang dengan cepat di seluruh penjuru dunia, demi mengembangkan metode-metode penggunaan dan pengobatan baru.Sekilas info,Semoga bermanfaat
RobrtoNews1205 《22.1.22(07.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait