Manfaat Latihan Yoga ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Siaran Metro TV selaku mengingatkan : Jangan lupa berolahraga agar badan segar, hidup sehat”
Pagi hari saya ketemu pak Sansudin ketemu di rumahnya sedang latihan Yoga, badan dilunturkan ke kiri dan kekanan katanya setelah Yoga sakit sendi kurang dan enak tidur, lain dengan pak Ferry setelah latihan yoga jadi yang dulunya insomia menjadi tidur nyenyak dan makan selera,Si Budi berkata sejsk latihan yoga tiap malam ham 19.00 sudah rasa kantuk dan enak tidur nyenyak.Dari cerita beliau ini berarti Yoga cukup bermanfaat bagi keseuatan kita, betul i Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang pamornya terus menanjak di mata publik dalam beberapa tahun belakangan. Tapi, apakah Anda tahu seperti apa sejarahnya dan apa saja manfaat yoga untuk kesehatan? Yuk, simak semua informasinya di bawah ini.

SEJARAH YOGA
Yoga berkembang semenjak 5-10 ribu tahun yang lalu di India. Kata yoga berasal dari bahasa Sansekerta “Yuj” yang berarti penyatuan jiwa dan kesadaran yang tak terbatas serta jiwa dan kesadaran yang universal dan ilahi. Sederhananya, yoga dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat membawa jiwa dan raga kembali menuju kenyataan.

Yoga adalah sebuah aktivitas fisik yang melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas, dan tubuh AndaYoga tak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental. Sejumlah riset menunjukkan, yoga dapat mengurangi peradangan.Peradangan adalah respons imun yang normal. Begitu pula :penyakit jantung, diabetes, sampai kanker.

PERAN YOGA DALAM KESEHATAN:1
1.Mengatur berat badan.
2.Melancarkan pernapasan.
3.Menguatkan keseimbangan tubuh.
4.Menjaga kebugaran tubuh.
5.Relaksasi dan pemulihan otot setelah olahraga.
6.Meringankan nyeri dan cedera.
7.Membentuk otot.
8.Membantu mencegah dan mengobati (penyakit jantung, artritis, asma, dan tekanan darah tinggi.)
9.Meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi stres, depresi, dan gangguan tidur.

JENIS JENIS YOGA ;
1. Yoga Hatha: Kelas-kelasnya terdiri atas kelas pengantar, postur dasar yoga, hingga teknik pernapasan. Yoga hatha lebih berfokus kepada aspek fisik dibandingkan mental.

2. Yoga Ashtanga: Yoga ashtanga terdiri atas 6 seri postur-postur yoga yang kuat dan cukup menantang, dilakukan tanpa henti. Yoga tipe ini tidak direkomendasikan bagi yang memiliki otot dan sendi yang lemah.

3. Yoga Power: Diadaptasi dari yoga ashtanga tradisional pada tahun 1980-an. Merupakan jenis yoga yang dinamis dan menantang,

4. Yoga Bikram: Yoga bikram terdiri atas 26 gerakan dan 2 rangkaian pernapasan. Yang unik dari jenis yoga ini adalah harus dilakukan di ruangan yang panas dengan suhu sekitar 40,6º C dan kelembapan 40%.

5. Yoga Iyengar: Jenis yoga yang mengimplementasikan penggunaan benda-benda seperti selimut, tali, kursi, atau bantalan untuk membentuk postur.

6. Yoga Kundalini: Dalam bahasa Sansekerta, “Kundalini” diartikan sebagai gulungan, menyerupai gerakan ular yang fleksibel. Jenis yoga ini menggabungan rangkaian gerakan, meditasi, dan nyanyian yang dibuat untuk membangkitkan tenaga dalam yang terletak di bagian bawah tulang belakang.

KESIMPULAN
Yoga termasuk olahraga low intensity yang aman untuk dilakukan oleh setiap orang. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai menggelar matras yoga Anda.Yoga tidak dapat dijadikan pengganti perawatan medis konvensional.Pemula tidak boleh langsung mencoba gerakan-gerakan yoga ekstrim yang dapat menyebabkan cedera.Jika anda sedang dalam kondisi hamil atau memiliki riwayat tekanan darah tinggi, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu.

Yoga belakangan ini menjadi salah satu olahraga yang cukup diminati. Jika sebelumnya yoga lebih sering dikenal sebagai olahraga meditasi, kini yoga juga dipercaya dapat membakar kalori hingga dianggap baik untuk mencegah penyakit jantung, nyeri sendi, dan melawan stres.Yoga sebenarnya merupakan olahraga tubuh dan pikiran. Manfaat yoga tidak hanya membantu tubuh menjadi lebih segar dan bugar, tetapi juga dapat membantu mengendalikan stres dan mengurangi rasa mudah gelisah. Yoga memiliki beragam jenis dan gerakan. Bagi Anda yang baru mencoba yoga, mungkin Anda akan sedikit bingung menentukan jenis yoga apa yang cocok untuk Anda. Namun, salah satu jenis yoga yang biasanya disarankan untuk pemula adalah hatha yoga.sekilas info,ANDA SEHAT KAMI BANGGA
RobertoNews1627 《22.11.22(19.45) 》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait