Manfaat Pendidikan Home Schooling

  • Whatsapp

PENDIDIKAN Home Schooling merupakan upaya pembelajaran yang dilakukan di rumah dimana tenaga pengajarnya bisa dari luar rumah atau dari dalam rumah.

Metode pendidikan ini sudah populer di negara lain namun untuk Indonesia masih belum banyak yang menggunakan metode ini. Apakah bermanfaat menggunakan metode pendidikan tersebut pada anak? tentunya bermanfaat, namun bagi orang awam metode ini dianggap pendidikan non formal yang akan mengalami kesulitan ketika anak menghadapi persoalan yang sebenarnya dalan kehidupan.

Padahal anggapan tersebut belum tentu benar karena belum pernah menjalankannya. Faktanya anak yang melakukan metode tersebut justru dapat bersaing dengan anak-anak yang sudah menempuh metode pendidikan formal.

Lalu bagaimana cara mereka yang menempuh metode home schooling dapat bersaing? caranya tentu dengan mengikuti ujian penyetaraan untuk mendapatkan legalitas setara pendidikan formal.

Walaupun memang anak akan sedikit mendapatkan teman, namun dari teman juga hal negatif dapat mempengaruhi anak. Jadi dapat dikatakan manfaatnya jauh lebih besar dibandingkan kekurangannya. Apa saja manfaat dari Home Schooling? berikut uraian lebih lengkapnya antara lain:

– Terhindar dari pengaruh lingkungan negatif yang bisa didapatkan dari lingkungan sekolah hingga lingkungan di luar sekolah.

– hubungan antara anak dengan orang tua akan lebih dekat khususnya jika orangtua khususnya ibunya bukan wanita karir alias ibu rumah tangga.

– Fokus dalam memahami materi yang disampaikan oleh pengajar

– Efektif karena waktu yang digunakan untuk pembelajaran dengan waktu bermain dapat diatur dengan baik.

Jadi bagaimana dengan pilihan Anda apakah tertarik menggunakan metode home schooling? jika Anda tertarik bisa mulai menyeleksi pilihan tenaga guru les privat depok yang bersedia menyediakan jasa home schooling.

Jika Anda tertarik untuk mendidik Anak Anda sendiri bisa dengan mengajarkan langsung anak Anda yang tentunya jauh lebih baik. Ini disebabkan kelebihan hubungan orang tua dengan anak dapat lebih menjamin materi yang diajarkan ke anak lebih efektif.

Anda hanya cukup membuat kurikulum yang akan diajarkan ke anak Anda agar materi yang diberikan ke anak tepat sasaran seperti yang Anda harapkan. Dengan begitu Anda juga dapat memprediksikan cita-cita anak sesuai dengan bakat yang dimilikinya. [tq/ads]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *