Manfaat Puasa Terhadap Kesehatan

  • Whatsapp

Oleh:
DR. Dr. Robert Arjuna FEAS*
Besok menurut Kalender bagi ummat Islam harus memasuki ibadah puasa,hidup damai sejahtera sesuai ibadah agama dalam rukun Islam wajib berpuasa, “Selamat menjalani ibadah puasa 1443 H” Berpuasa berarti menahan lapar dan haus dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Salah satu tujuan Puasa Ramadhan disebutkan dalam Al Qur an Surat Al Baqarah ayat 183 adalah untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim.Puasa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berpuasa juga telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, baik dari menjaga berat badan hingga fungsi otak yang lebih baik.

Hari ini, Saudara kita yang beragama islam mulai melaksanakan ibadah puasa, Dalam kesempatan izinkan kami mengucapkan:” Selamat menunaikan ibadah puasa 1443H, Marhaban yaa Ramadhan!” Apa yang dikatakan Sehat itu kaya,Kesehatan merupakan nikmat yang tidak dapat dinilai dengan harta benda. Untuk menjaga kesehatan, tubuh perlu diberikan kesempatan untuk istirahat. Puasa, yang mensyaratkan untuk tidak makan, minum, dan melakukan perbuatan-perbuatan lain yang membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

Puasa dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. Makanan yang berlebihan gizi belum tentu baik untuk kesehatan seseorang. Kelebihan gizi /overnutrisi mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis (diabetes mellitus), dan lain-lain.Itulah manfaat yang kita dapatkan ketika melakukan puasa, baik dari sisi fisik maupun mental.
Tidak hanya itu kita dengan berpuasa kita memenuhi kewajiban kita sebagi umat islam dan kitapun mendapat feedback atau balsan dari Allah berupa pahal yang berlimpah. Tunggu apalagi ayo kita biasakan berpuasa untuk memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat.

Puasa adalah salah satu kewajiban umat islam yang tercantum dalam Al-Qur’an dan masuk ke dalam rukun islam. Puasa pada dasarnya merupakan aktivitas yang dilakukan untuk menahan makan dan minum dari terbitnya fajar sampai adzan magrib berkumandang, tidak hanya itu selain menahan makan dan minum, manusia diharapkan mampu menahan diri dari perbuat jelek atau dosa dengan berpuasa. Rasanya tak lengkap bila kita membahas puasa tanpa pembahasan manfaat yang kita dapat dari puasa itu apa. Puasa atau fasting adalah kegiatan tidak mengonsumsi makanan ataupun minuman dalam jangka waktu tertentu. Khusus untuk puasa bagi muslim, waktu puasa dimulai dari imsak (umumnya pukul 4:50 subuh hari) hingga Adzan Magrib berkumandang.

Puasa atau fasting dalam Ilmu kesehatan dihubungkan dengan detoksifikasi atau proses mengeluarkan racun dan zat sisa dari dalam tubuh. Oleh sebab itu, manfaat puasa di bulan ramadhan sangat besar karena dilakukan selama sebulan penuh. Tidak perlu diragukan bahwa puasa memiliki banyak manfaat dalam hidup kita, dan hal ini telah dibuktikan dengan beberapa penelitian atau pengamatan tentang manfaat puasa baik dari segi fisik maupun mental orang yang berpuasa. Orang yang terbiasa berpuasa akan terlihat lebih unggul dari berbagi sisi dengan orang yang tidak mengenal puasa. Untuk itulah sungguh merugi orang-orang yang tidak mau melaksanakan puasa baik puasa yang sifatnya wajib maupun sunnah.

Manfaat puasa untuk kesehatan jasmani dan rohani,
1. Menjaga kesehatan jantung
2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
3. Menyehatkan ginjal
4. Menetralisir racun (detoksifikasi)
5. Mengontrol berat badan
6. Mencegah diabetes
7. Mengatasi nyeri sendi
8. Mencerdaskan otak
9. Mengganti sel-sel kulit yang mati
10. Mengatasi jerawat
11. Mencegah iritasi kulit
12. Mengatasi gatal
13. Menenangkan jiwa dan fikiran
14. Memiliki jiwa sosial tinggi
15. Selalu merasa cukup
16. Mampu menahan nafsu
17. Melatih kesabaran

Kesimpulan :
Pengaruh mekanisme puasa terhadap kesehatan adalah :
1.Memberikan kesempatan bagi alat pencernaan untuk beristirahat.
2.Membebaskan tubuh dari racun, kotoran, dan ampas yang merusak kesehatan.
3.Memblokir makanan untuk bakteri, virus, dan sel kanker .
4.Menambah jumlah sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh.
5.Menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh.
6.Memperbaiki fungsi hormon yang diperlukan dalam berbagai proses fisiologis dan biokimia .
7.Meremajakan sel-sel tubuh.
8.Meningkatkan fungsi organ tubuh.
9.meningkatkan fungsi organ reproduksi.
Selamat menjalani ibadah puasa,semoga membawa berkat kesehatan jasmaniah dan rohaniah.Sekilas info, Semoga bermanfaat
RobrrtoNews 1386 《2.4.22 (0700)》
• Praktisi Dokter & penulis ilmu kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait