Manfaatkan DD Dengan Membangun Rabat Jalan Baru

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG- Untuk memaksimalkan penggunaan anggaran Dana Desa (DD) agar lebih menyentuh dan berguna bagi masyarakat, Pemerintah Desa Tanggul Turus, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, melakukan pembangunan rabat jalan baru di beberapa titik, termasuk renovasi.

Untuk pembangunan rabat jalan baru, diantaranya di RT 04 dan RT 01. Kedua proyek ini sengaja diutamakan, karena selain menjadi akses penting, juga jalan utama bagi warga. Terutama petani yang akan ke sawah atau ladang.

Jalan baru yang dikerjakan selama tiga bulan yang dimulai pada awal Agustus dan selesai Oktober, dikerjakan secara swakelola dan dibantu oleh masyarakat sekitar lokasi. Mulai dari meratakan bagian jalan berlubang hingga pengecoran.

“Rabat jalan sepanjang 100 meter dengan lebar 3 meter ini dimaksud untuk memudahkan masyarakat yang akan ke sawah dan juga agar dapat dilalui kendaraan besar yang akan mengangkut bibit tanaman, pupuk dan alat berat. Jalan baru ini diutamakan dikarenakan akses penting yang dilewati warga setiap hari,” kata Plt Kepala Desa Tanggul Turus, Wahyunitaningsih.

Kini, jalan yang dulu hanya dapat dilewati sepeda motor dan pejalan kaki, lanjutnya, apalagi kalau musim hujan sangat becek dan tergenang air, sekarang dapat dengan mudah dilewati tanpa ada rasa takut akan terjatuh atau terpeleset

“Jadi pembangunan jalan baru ini bertujuan agar petani dapat maksimal dalam bekerja. Karena penopang kehidupan mereka, sebagian besar sebagai petani dan berkebun. Sehingga jalan yang nyaman dan mudah dilewati merupakan hal paling penting untuk memaksimalkan pekerjaan mereka,” ungkasnya. (yd/dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *