beritalima.com

Martinus, Pedagang Diberikan Keringanan setahun bebas Retribusi

  • Whatsapp

JAILOLO,beritaLima.com-Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah(Perindagkop dan UKM)Halmahera Barat menjanjikan tiga unit pasar rakyat masing-masing pasar Jailolo,pasar Akelamo,dan pasar Dodinga,yang hingga saat ini telah rampung ditargetkan bakal beroperasi di bulan November mendatang setelah hampir setahun lebih tak kunjung difungsikan.

Kadis Perindagkop dan UKM Halbar Martinus Djawa kepada wartawan diruang kerjanya Selasa(27/10)mengaku,tiga unit pasar rakyat yang telah selesai dibangun itu,tak kunjung difungsikan lantaran belum ada serah terima dari pihak ketiga kepada Pemkab.

beritalima.com

Sehingga pihaknya bakal mengambil insiatif untuk secepatnya dioperasikan di bulan November mendatang.

“jadi kalau sampai November belum ada penyerahan kunci,kami langsung ambil alih dan langsung difungsikan,”jelasnya.

Terkait dengan kondisi bangunan pasar,yang mulai rusak misalnya dibagian plafon,yang mulai ambruk ataupun mengalami kerusakan,menurut Martinus,hal ini tentunya masih menjadi tanggung jawab pihak ketiga,yang saat ini juga sementara melakukan perbaikan,sebelum difungsikan.

beritalima.com

“Jadi selama masih masuk masa perawatan tentunya masih jadi tanggung jawab pelakasana,”bebernya.

Disinggung soal pasar rakyat Dodinga di Kecamatan Jailolo Selatan,yang sebagian lahan belum dilakukan pembebasan,menurut dia,terkait pembebasan sebagian lahan menjadi tanggung jawab instansi teknis terkait dalam hal ini Bagian Pemerintahan.

Sementara menyangkut penempatan pedagang,lanjut dia,ini juga nantinya bakal dibicarakan bersama para pedagang terkait teknisya seperti apa.Namun dia memastikan pedagang yang nantinya menempati lapak, nantinya juga diberikan keringanan selama setahun tidak membayar retribusi.”Nanti masuk tahun kedua baru dikenakan retribusi,tapi penarikan retribusi nanyinya me!alui intansi teknis terkait,”ujarnya.

Dia juga memastikan ditahun depan tidak ada lagi pembangunan pasar rakyat.Ini mengingat hampir setiap kecamatan juga telah ada bangunan pasar rakyat yang sudah dibangun oleh pemerintah.(Ay)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait