Maskot PON 2020 Resmi Dilaunching

oleh -30 views

Timika, beritalima.com.
Pemerintah Kabupaten Timika yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON XX tahun 2020 resmi dilaunching Maskot PON 2020 “Drawa dan Kangpho” , Jumat (13/12) dilapangan upacara Kantor Sentra Pemerintahan SP3.

Launching ini secara resmi dibuka oleh Bupati Timika yang sekaligus sebagai Ketua Umum PB PON Sub Timika Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Johannes Rettob sebagai Wakil Ketua Umum PB PON Sub Timika dengan disaksikan langsung oleh masyarakat, pimpinan Forkopimda serta pimpinan OPD-OPD Kabupaten Timika.

Sebelum dilaunching, maskot PON XX tahun 2020 diperkenalkan terlebih dahulu ke publik oleh Sekertaris PB PON Papua Sub Timika Cessar Avianto Tunya, yang mana dua maskot di PON Papua yakni Drawa dan Kangpho (Kanguru Pohon) dipilih karena dinilai sebagai binatang asli yang tumbuh berkembang di Papua. Drawa adalah burung Cendrawasih, sedangkan Kangpho merupakan singkatan Kanguru Pohon yang selama ini hanya ada di Papua. “Maskot ini telah diluncurkan di Jakarta dan kini kita datangkan ke Timika,”kata Cessar.


Untuk tanggal pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Timika, kata Cessar bahwa akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2020. “Jadi Kabupaten Timika mendapatkan 9 cabor dengan 12 nomor disiplin pertandingan, yakni aero sport ada tiga nomor yakni aero modeling, terjun payung dan terbang layang. Kemudian atletik, basket, footsall, bola tangan, billiar, panjat tebing, yudo dan tarung drajat,”katanya.

Ketua Umum PB PON Sub Timika Eltinus Omaleng, dalam sambutan menyampaikan
agar dua maskot yang sudah hadir di Timika bisa mendampingi panitia agar menyukseskan pelaksanaan PON di Timika.
“Jadi dalam kegiatan ini ingin saya sampaikan bahwa panitia dan kita semua harus aktif terlibat dalam kegiatan PON,”ungkapnya.

Demi mensukseskan pelaksanaan PON XX di Timika, kata Eltinus bahwa salah satu hal yang perlu diperhatikan bersama adalah kebersihan kota.
“Karena itu yang paling utama mensukseskan PON,”kata Bupati.

Ditambahkan Wakil Ketua Umum PB PON Sub Timika, Johannes Rettob, bahwa mengenai kebersihan yang paling utama demi suksesnya PON XX di Timika itu harus dilaksanakan.
“Jadi apa yang sudah kita sepakati bersama di Hotel Serayu itu harus kita tunjukan untuk kebersihan dikota ini,”ujarnya.

Untuk diketahui dalam kegiatan tersebut juga disampaikan struktur panitia PB PON Sub Timika serta penyematan pin oleh Ketua Umum PB PON Sub Timika dan Wakil Ketua Umum PB PON Sub Timika kepada perwakilan struktur PB PON Sub Timika serta penggunaan kaos PON XX sebagai kelengkapan.

(Lasatia/Timika)