Mataram Kota Dibebaskan dari Kabel Tembaga, Telkom Percepat Masyarakat Digital

  • Whatsapp

Mataram, 15 September 2016. Telkom kembali buktikan komitmennya untuk mempercepat terbentuknya masyarakat digital dengan melakukan modernisasi jaringan (penggantian jaringan akses atau infrastruktur) dari semula menggunakan kabel tembaga menjadi fiber optik di kota-kota/kabupaten se Jatim Bali Nusra. Terbaru, Telkom melakukan modernisasi atau penggantian jaringan akses kabel tembaga di wilayah Mataram kota, ibu kota Nusa Tenggara Barat menjadi berteknologi fiber optik dengan optimalisasi Multi Dwelling Unit (MDU) (pusat terminasi layanan broadband).

Dikatakan oleh Executive Vice Presiden Telkom Regional V Jatim, Bali, Nusra sesaat setelah melakukan pemotongan kabel primer di kantor Telkom Mataram, “Ini merupakan satu komitmen Telkom kepada pemerintah dalam membangun infrastruktur broadband di Indonesia. Di lain pihak bila berkaca pada kepentingan pelanggan, hal ini akan memberikan new experience kepada pelanggan supaya bisa menikmati layanan triple play”. Dengan layanan triple play, pelanggan Telkom akan mendapat tiga layanan sekaligus mulai dari voice, internet kecepatan tinggi, dan televisi UseeTV. Tentu saja, imbuh Parwi, ini akan mendorong peningkatan perekonomian masyarakat, karena jika terjadi peningkatan penetrasi broadband di satu wilayah sebesar 10%, dampak pada GDP penduduknya bisa mencapai 1,38%.

Dicontohkan oleh General Manager Telkom Mataram, Bonifasius Hendriyanto, untuk wilayah Mataram ini, dengan dilakukannya modernisasi pada jaringan akses yang masih menggunakan kabel tembaga, maka ada proyeksi demand 18 ribu pelanggan yang akan bisa menikmati layanan triple play dengan fiber optik. Sebelumnya, Mataram kota sudah melakukan modernisasi jaringan fiber optik dengan kapsitas pelanggan 12 ribu. Dengan modernisasi ini, Hendri berharap masyarakat Mataram kota yang sebelumnya masih menikmati layanan 1P (voice atau telepon saja) atau 2P (voice dan internet saja) segera melakukan upgrade layanan menjadi triple play. “Silakan melakukan upgrade layanan atau pasang baru di Plasa-Plasa Telkom kami, melalui Call center 147, atau melalui www.indihome.co.id dan aplikasi di Appstore MyIndihome”.

Wilayah Telkom Mataram, adalah salah satu Witel di area Regional Jatim, Bali, Nusra yang mengcover 3 wilayah yakni Mataram kota, Sumbawa dan Bima. Jumlah pelanggan keseluruhan di area Mataram saat ini tak kurang dari 57 ribu pelanggan.

Untuk area Jatim, Bali, dan Nusra, Parwi menambahkan bahwa di banyak lokasi se Jatim, Bali, Nusra, Telkom terus menerus secara bertahap melakukan modernisasi jaringan akses. “Kami hampir tiap bulan melakukan pemotongan kabel tembaga di wilayah Jatim, Bali, dan Nusra akibat masa pakai perangkat lama yang sudah mulai berakhir (obsolete) serta perkembangan teknologi yang membutuhkan bandwidth besar untuk melewatkan beragam konten”.

Dulu, tambah Parwi, dengan jaringan kabel tembaga, pelanggan hanya mendapatkan kecepatan akses maksimal 4 Mbps, sedangkan dengan fiber optik, Telkom bisa melayani pelangan dengan kecepatan akses sampai orde ratusan Mbps.

Caption foto 1 :

EVP Telkom Regional V Jatim, Bali, Nusra (kanan) dan GM Telkom Nusa tenggara Barat Bonifatius Hendrianto (tengah kacamata) melakukan pemotongan kabel primeryang masih menggunakan jaringan akses tembaga di STO Mataram Centrum. Dengan modernisasi ini, pelanggan akan bisa menikmati new experience layanan triple play mulai voice, internet kecepatan tinggi dan UseeTV dari IndiHome.

Caption foto 2 :

EVP Telkom Regional V Jatim, Bali, Nusra (tengah jeans biru) dan GM Telkom Nusa tenggara Barat Bonifatius Hendrianto (kiri berkacamata) melihat penarikan kabel fiber optik di lapangan sebagai bagian dari proyek modernisasi jaringan kabel tembaga ke fiber optik.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *