Mengenal Manfaat Lemon Bagi Kesehatan

  • Whatsapp

Oleh:
DR.Dr. Robert Arjuna FEAS
Bagi ibu ibu yang bergelut tiap hari di dapur pasti tahu buah lemon untuk penyedap masakan tapi yang lain masih kurang paham apa sebenarnya buah lemon itu? Di era pandemi yang tak berkesudahan peran buah lemon sangat penting untuk imunitas tubuh? Siapa yang tak kenal buah lemon? Mulai dari airnya, bulirnya, hingga kulitnya, buah lemon merupakan salah satu buah sitrus yang memang sarat nutrisi dan manfaat. Memang banyak jenis buah jeruk yang tersedia, seperti jeruk nipis, jeruk limau, jeruk keprok hingga jenis lemon cui. Lemon yang termasuk ke dalam keluarga Rutaceae, merupakan salah satu jenis jeruk yang mudah ditemui. Manfaat lemon pun tak main-main, termasuk menjaga kesehatan jantung hingga baik untuk kulit.
Lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat. Di balik rasa asam jeruk lemon, tersimpan manfaat beragam Manfaat lemon begitu beragam, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Salah satu manfaat lemon yangsudah banyak diketahui adalah untuk mendetoks tubuh dari racun-racun yang selama ini tersisa di dalam tubuh. Sehingga, tubuh pun akan menjadi bugar kembali dan terbebas dari berbagai penyakit. Selain itu, buat kamu yang sedang dalam proses penurunan berat badan, lemon ternyata bisa menjadi salah satu alternatif jitu untuk membuat tubuh langsing. Jeruk lemon adala salah satu buah jeruk yang kaya vitamin C, dimana vitamin C dapat memiliki banyak manfaak bagi kesehatan juga kulit seperti meremajakan kulit dari dalam dan membuat kulit jadi lebih bercahaya. Sekarang kamu bisa mencoba salah satu rutinitas di pagi hari dengan minum air persaan jeruk lemon ditambah air hangat untuk memulai harimu.

Lemon merupakan buah yang bernutrisi. Satu buah lemon dengan berat sekitar 58 gram mengandung nutrisi berikut ini:Energi: 16,8(kkal) Karbohidrat: 5,41 gram, 1,45 gram adalah gula Kalsium 15,1 miligramZat besi: 0,35 miligram
Magnesium: 4,6 miligram Fosfor: 9,3 miligram Kalium: 80 miligram, Selenium: 0,2 mikrogram Vitamin C: 30,7 miligran
Folat: 6,4 mikrogram Kolin: 3,0 mg Vitamin A: 0,6 mikrogra Lutein + zeaxanthin: 6,4 mikrogram lemon mengandung beberapa zat gizi lain dalam jumlah kecil, seperti tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), piridoksin (vitamin B6), asam pantotenat (vitamin B5), tembaga, dan mangan.

Salah satu manfaat kesehatan utama dari minum air lemon hangat adalah bahwa ramuan ini memudahkan untuk menurunkan berat badan lebih cepat jika kamu tengah dalam program untuk menurunkan berat badan. Air jeruk lemon dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Air jeruk lemon hangat berfungsi sebagai minuman selamat pagi yang sempurna untuk memulai hari karena bantu sistem pencernaan dan membuat prose membuang racun dalam tubuh jadi lebih mudah. Minuman ini mencegah masalah sembelit dan diare, dengan melancarkan fungsi usus halus. Segelas air perasan jeruk lemon mengandung kurang dari 25 kalori. Jumlah ini adalah sumber nutrisi yang kaya seperti kalsium, kalium, vitamin C dan serat pektin. Ini juga berkhasiat sebagai antibakteri serta zat besi dan vitamin A. Jeruk lemon adalah buah yang populer karena khasiat terapeutiknya dimana membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubbuh dari berbagai jenis infeksi.

Selain itu air jeruk lemon juga memainkan peran pembersih darah. Lemon bisa disebut sebagi antiseptik sedangkan air jeruk nipis juga tak kalah luar biasa yang mampu bekerja sangat baik bagi orang-orang yang memiliki masalah jantung, karena kandungan potasiumnya yang tinggi. Jadi, jadikan kedua jeruk ini bagian bagian dari rutinitas harian untuk memulai hari.efek detosifikasi dan penyembuhannya akan memiliki efek positif pada kesehatan dalam jangka panjang

Namun, sangat penting untuk diingat bahwa ketika air jeruk lemon langsung bersentuhan dengan gigi, dapat merusak enamel pada gigi. Karena itu, disarankan untuk mengkonsumsinya yang sudah dicampur dengan air dan juga membilas mulut secara menyeluruh setelah minum air jeruk lemon atau bisa juga minum dengan bantuan sedotan.
MANFAAT BUAH LEMON :
1. Lemon adalah sumber vitamin C yang sangat baik dan kaya, nutrisi penting yang melindungi tubuh terhadap defisiensi sistem kekebalan tubuh .
2. Lemon mengandung serat pektin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan usus besar dan juga berfungsi sebagai antibakteri yang kuat
3. Air jeruk lemon membantu menyeimbangkan dan menjaga menjaga tingkat pH dalam tubuh
4. Minum air jeruk lemon hangat di pagi hari membantu mengeluarkan racun
5. Minuman ini membantu pencernaan dan mendorong produksi empedu
6. Sumber asam sitrat, kalium, kalsium, fosfor, dan magnesium
7. Membantu mencegah pertumbuhan dan penggandaan bakteri patogen yang menyebabkan infeksi dan penyakit
8. membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada sendi dan lutut saat melarutkan asam urat
9. Membantu menyembuhkan flu biasa
10. Kandungan kalium dalam lemon membantu menyehatkan sel-sel otak dan saraf
11. Memperkuat hati dengan memberikan energi ke enzim hati ketika kondisinya terlalu encer
12. Membantu menyeimbangkan kadar kalsium dan oksigen dalam hati. Dalam kasus heartburn, minum segelas air konsentrat jeruk lemon bisa memberikan kelegaan
13. Bermanfaat bagi kulit dan mencegah pembentukan keriput dan jerawat
14. Membantu menjaga kesehatan mata dan membantu melawan masalah mata
15. Membantu dalam produksi enzim pencernaan
16. Membantu mengisi kembali garam tubuh terutama setelah sesi olahraga yang berat.
EFEK SAMPING LEMON
Buah lemon memiliki kandungan asam yang tinggi. Dengan begitu, konsumsi airnya atau jusnya bisa jadi memengaruhi beberapa individu dengan gangguan medis berikut ini:
1. Sariawan
2. Kerusakan gigi bila mengkomsumsi air lemon banyak dan tidak gosok gigi
3. Gastroesophageal reflux disease (GERD). Mengonsumsi buah lemon bagi penderita GERD dapat memicu heartburn atau sensasi panas terbakar yang terjadi di belakang tulang dada. Selain itu, buah lemon juga dapat meningkatkan risiko naiknya kembali asam lambung ke kerongkongan.
Demikian ulasan singkat tentang manfaat lemon ini diperi gati ” Hari Raya Idul Fitri & Hari kenaikan Isa Almasih, ” semoga bermanfaat
RobertoNews 980: 《13.5.21(16.52)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait