Mengenal Penyakit Asam Urat ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Suatu hari saya bertamu ke rumah Bu Syarifah yang jalannya pincang kiri dan kanan pada jari kaki ditempeli sepotong koyok dan ujung jari kaki bengkak, sambil berkata dia sakit asam urat karena doyan makan jeroan dan kacang kacangan, Begitu suaminya Pak Syarif lutut sakit dan bengkak disebabkan ada asam urat yang sudah menahun juga karena suka minum alkohol dan makan seafood

Asam urat adalah senyawa turunan purina dengan rumus kimia C₅H₄N₄O₃ dan rasio plasma antara 3,6 mg/dL dan 8,3 mg/dL. Kelebihan atau kekurangan kadar asam urat dalam plasma darah ini sering menjadi indikasi adanya penyakit atau gangguan pada tubuh manusia.

Penyakit asam urat atau gout merupakan salah satu jenis radang sendi karena tingginya kadar asam urat di dalam darah. Gejala asam urat umumnya ditandai dengan rasa nyeri di area persendian, sehingga sering kali sulit dibedakan dengan sakit rematik yaitu sakit yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan otot atau sendi. Selain menimbulkan nyeri, penderita asam urat juga akan mengalami rasa panas hingga pembengkakan sendi.

Asam urat kebanyakan menyerang pria berusia sekitar 30 tahun dan pada wanita penyakit ini biasanya menyerang saat fase menopause. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh faktor keturunan, cedera, konsumsi minuman manis atau alkohol, konsumsi obat atau akibat kondisi medis lainnya.

TANDA SAKIT ASAM URAT :
1. Nyeri pada Persendian
2. Pembengkakan Sendi
3. Rasa Panas pada Persendian
4. Rasa Tidak Nyaman pada Sendi
5. Terdapat Benjolan
Selain makanan, faktor lain yang membuat Anda terkena asam urat adalah genetik dan komplikasi akibat penyakit lain, seperti diabetes dan batu ginjal yang disebabkan tingginya kadar asam urat.

ciri-ciri asam urat yang kita rasakan adalah :
1. Rasa nyeri di jempol kaki
2. Nyeri pada pergelangan tangan dan kaki, lutut, serta siku
3. Terasa sakit dan nyeri pada malam hari
4. Nyeri tiba-tiba, datang dan pergi kapan saja
5. Demam dan menggigil
6. Adanya benjolan yang membengkak
7. Keluhan pada ginjal

Beberapa faktor resiko seseorang dapat mengidap gout, antara lain:
1. Obesitas
2. Tekanan darah tinggi
3. Kencing manis atau diabetes
4. Gangguan ginjal
5. Konsumsi terlalu banyak alkohol
6. Riwayat pengisap asam urat (gout) dalam keluarga
7. Konsumsi makanan yang tinggi purin, seperti daging merah, daging jeroan, dan seafood

FAKTOR RESIKO ASAM URAT TINGGI
1. Konsumsi makanan dan minuman tinggi purin berlebih
Semakin banyak purin di tubuh, semakin banyak pula zat asam urat yang akan terbentuk, hingga dapat menumpuk di persendian. Berbagai makanan yang dapat menjadi penyebab asam urat, yaitu:
a. Alkohol.
b. Minuman dan minuman mengandung pemanis.
c. Sayuran yang mengandung purin tinggi, seperti bayam dan asparagus.
d. Daging merah.
e. Jeroan.
f. Makanan laut (seafood), seperti tuna, sarden, teri, dan kerang.

2. Konsumsi obat-obatan tertentu ;Beberapa obat-obatan tertentu bisa menjadi penyebab Anda mengalami sakit asam urat, yaitu diuretik dan beberapa obat lain yang biasa digunakan untuk mengobati hipertensi, seperti beta blockers dan ACE inhibitors, serta aspirin dalam dosis rendah.

3. Penyakit atau kondisi medis tertentu
a. Penyakit ginjal
b. Penyakit ginjal kronis
c. Diabetes

DIAGNOSA PENUNJANG :
1.Tes darah Asam Urat nilai normal laki dan Perempuan berbeda
( Laki < 7mg/ dLdan Wanita < 5mg/dL) 2.Tes urine 24 jam. Untuk mengetahui kadar asam urat dalam urine . 3.Tes cairan sendi. 4.Pemeriksaan foto Rontgen dapat dilakukan untuk mengetahui penyebab radang pada sendi. 5. USG dapat mendeteksi kristal asam urat pada sendi dan tofi (benjolan). 6.Dual energy CT scan. dapat mendeteksi kristal asam urat di sendi . 7.Biopsi sinovial. Prosedur ini mengambil sebagian kecil jaringan (membran sinovial) di sekitar sendi yang terasa sakit, untuk diperiksa di bawah mikroskop. KOMPLIKASI 1.Tophi 2.Batu ginjal 3.Kerusakan sendi 4.Penyakit ginjal 5.Penyakit jantung 6.Diabetes 7.Kurang tidur 8.Cacat 9.Emosi dan psikologi 10.Penyakit lainnya seperti : penyakit katarak, sindrom mata kering, atau pengkristalan asam urat di dalam paru-paru PENGOBATAN: 1. Konsumsi Obat Dokter 2. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin C 3. Perbanyak Minum Air Putih 4. Hindari Makanan Tinggi Purin 5. Olahraga Teratur 6. Hindari Stres Secara tradisional asam urat dapat diatasi dengan : 1. Buah dan sayuran yang kaya vitamin C, seperti jambu, jeruk, kiwi, mangga, pepaya, nanas, semangka, bayam, kembang kol, brokoli, kentang, tomat, dan paprika. 2. Kopi, untuk meningkatkan metabolime purin, meningkatkan pembuangan asam urat melalui urine, serta mencegah asam urat untuk mengendap dan merusak tulang dan sendi. 3. Jahe, karena memiliki kandungan antiradang, bertujuan untuk meringankan rasa nyeri yang diakibatkan oleh pembengkakan akibat asam urat. 4. Kunyit, yang memiliki kandungan curcumin sebagai antiradang, yang dapat mengatasi nyeri sendi akibat asam urat. Demikian sekilas info, semoga bermanfaat, terimakasih. RobertoNews 1672《3.4.23(07.30)》 Praktisi Dokter dan Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait