Mengurangi Hama, Dinas Pertanian Bondowoso Kembangkan Bunga Refugia dan Marigold

  • Whatsapp

BONDOWOSO, beritalima.com – Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Pertanian dan Peternakan mulai mengembangkan Bunga Refugia Dan Bunga Marigold. 

Kedua jenis bunga tersebut ditanam disekitar pematang sawah, hal ini dilakukan sebagai upaya para petani mengurangi serangan hama pada tanaman padi, jagung maupun buah-buahan dan juga sayuran.

Plt Sekretaris Daerah Bondowoso Drs Karna Suswandi selesai acara saat dikonfirmasi oleh wartawan menjelaskan manfaat dari semua bunga yang ditanam disekitar persawahan.

“Saat ini tanaman Refugia dan Marigold sedang dilakukan uji coba oleh para petani di Bondowoso ditanam diarea pematang sawah. Khususnya di acara Gelar Technologi (Geltek) yang ada di Pancoran ini,” ungkapnya Rabu (10/05/18).

Lebih lanjut Karna menjelaskan dengan ditanami bunga-bunga tersebut hasilnya sudah mulai nampak dan jelas, karena hama menjadi berkurang.

“Jadi sebelum Hama menyerang tanaman, terlebih dahulu Hama tersebut menyerang bunga-bunga itu sehingga Hama tidak sempat lagi untuk menyerang Tanaman Pertanian,” jelasnya.

Karna menambahkan, Bunga Refugia dan Marigold sebenarnya banyak ditemukan di sekitar rumah warga, namun mereka belum mengetahui manfaat bunga tersebut. 

“Acara gelar teknologi pertanian ini kami libatkan petani, mereka akan belajar disini, sehingga diharapkan setelah acara ini, mereka langsung mempraktikkan di lahan masing- masing sehingga produktifitasnya bertambah,” imbuhnya. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *