Meningkatkan UMKM HMS Gandeng KKP Bimtek Pengolahan Ikan Bagi Emak-Emak di Bima

  • Whatsapp

BIMA NTB.beritalima.com|
Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Daerah Pemilihan NTB 1 Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin ST.MM akrab disapa HMS atau Rudhy Mbojo yang dikenal Sederhana dan Peduli,menggelar pelatihan pengembangan usaha olahan ikan bagi masyarakat kelautan dan perikanan di Desa Poja Kecamatan Sape Kabupaten Bima.

Anggota DPR RI Komisi lV Dapil NTB I Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin ST.MM bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (KKP) RI melalui Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi.

Ricky Aditya Saputra selaku Instruktur pengolahan hasil perikanan di Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan
(PPP) Banyuwangi menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota DPR RI Komisi IV yang sudah bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI).

” Dalam hal ini HMS sudah menginisiasi memberikan pelatihan pengolahan ikan, alhamdulillah peserta juga mengikuti pelatihan ini dengan antusias,pesertanya di dominasi dari kaum hawa yaitu emak- emak,” tuturnya

Ricky berharap,dengan pelatihan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta dalam bidang pengolahan ikan, sehingga dapat dijadikan sebagai pengembangan usaha yang dijalankan oleh masyarakat setempat.

” Dalam pelatihan pengolahan ikan kali ini kami praktekan cara pembuatan rolade ikan dan penyampaian teori tentang pembuatan abon ikan,” jelasnya

Politisi PAN HMS mengatakan, jika kita membuka data Badan Pusat Statisik (BPS), mayoritas masyarakat Pulau Sumbawa bersandar pada mata pencaharian sebagai petani, peternak dan nelayan.

” Pulau Sumbawa adalah provinsi NTB dengan potensi perikanan yang luar biasa. Untuk membantu mengembangkan kesejahteraan masyarakat memajukan perekonomian daerah, NTB perlu melihat bahwa laut adalah masa depan, kita tidak bisa lagi memunggungi wilayah lautan. Potensi dari laut harus benar- benar dimanfaatkan,” ungkap HMS tiga periode

HMS menjelaskan, pelatihan hari ini sebagai bentuk perhatian, kepedulian dan keberpihakan anggota DPR RI Komisi lV bekerjasama dengan KKP untuk memotivasi, menopang dan mengembangkan sektor UMKM yang memproduksi dan mengelola produk-produk hasil laut seperti ikan.

“emak-emak dan bapak dilatih oleh tenaga profesional dari kementerian untuk bisa mengembangkan produk olahan menjadi lebih bernilai jual dan diminati konsumen,” Ucap HMS Kandidat Doktor Universitas Brawijaya (Rozak)

beritalima.com

Pos terkait