Mimpi Adalah Sebuah Khayalan Kita

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr .Robert Arjuna FEAS *
Bicara soal mimpi akan mengungkit banyak cerita seperti Bu Anisah waktu tidur teriak teriak histeri msmbuat suamii ikut tercenggang ,belum lagi kasus pak Willy berteriak katanya dia dicekik hantu.hal yang serupa dialami Bu Tina mimpi jalan sambil masak dan kembali tidur, ini dikatakan orang ” tidur bangkong” atau disebout mimpi berjalan bagi pak Abu bakar tdur sambil tertawa tawa karena mimpi dapat hadiah undian mobil MercedesBenz.

Kalau menyi ggung soal mimpi pasti banyak cerita oleh setiap orang, kenapa bisa mimpi? Saat baru bangun dari tidur nyenyak, seharusnya kita merasa segar dan siap untuk memulai hari. Namun, lain halnya ketika kita baru saya mimpi tentang seseorang dan tiba-tiba diliputi pertanyaan tentang orang tersebut.Tidak masalah jika yang dimimpikan adalah sahabat atau keluarga. Akan membingungkan ketika yang dimimpikan adalah seseorang yang tak terduga seperti idola atau bahkan mimpi seseorang yang saat bangun pun tidak terpikirkan.

Setiap manusia pasti pernah mengalami mimpi. Mimpi bisa menyenangkan, menakutkan, membuat frustrasi, menenangkan, membosankan, atau benar-benar aneh.Setiap malam, manusia diperkirakan bisa bermimpi dari satu hingga lima atau enam mimpi. Namun hal itu tergantung pada berapa lama Anda tidur dan berapa banyak siklus rapid-eye movement (REM).Satu konsep yang diterima secara umum ialah bahwa bermimpi adalah proses yang sangat emosional dari amigdala (pusat emosional di otak), yang aktif selama tidur.Jika Anda pernah terbangun dari mimpi yang sangat meresahkan atau aneh, mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa bisa memimpikan hal-hal itu. Banyak tafsir mimpi yang berusaha menjelaskan makna yang terkandung dalam mimpi.Berbicara mengenai mimpi, pasti di antara kamu sudah banyak yang pernah mendengar berbagai mitos terkait makna mimpi, seperti mimpi gigimu tanggal yang mitosnya berarti akan ada seseorang meninggal.

Dalam dunia sains sendiri, terdapat berbagai teori yang menjelaskan makna mimpi dengan berbagai pendekatan yang berbeda-beda, salah satu ahli neurologi ternama, Sigmund Freud, berteori bahwa mimpi menyimpan pesan yang tersembunyi di balik alam bawah sadar manusia. Beberapa penelitian di era 1980an menganggap bahwa mimpi tak lain sebuah proses yang terjadi di otak untuk “membersihkan” memori-memori yang tidak diperlukan. Sementara itu, berbanding terbalik dari teori sebelumnya, penelitian lain justru beranggapan bahwa mimpi membantu proses daya ingat dan pembelajaran di otak
.
Namun, di luar itu semua, ada juga beberapa ahli psikologi dan pengamat mimpi seperti Ian Wallace dan Russell Grant yang yakin bahwa mimpi merupakan simbolisasi dari peristiwa tertentu yang kita alami. Berarti, mimpi yang berbeda juga menyimpan makna yang berbeda.Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman menemukan bahwa mimpi setara dengan data dump antara hippocampus (browser di dalam otak) dan neokorteks (memori) Christina Jeffrey, konselor kesehatan mental berlisensi dari Asisten Direktur di Humantold layanan psikoterapi yang berbasis di New York.mengatakan :” Jadi mimpi adalah hipocampus membersihkan browser untuk hari itu, kemudian mempersiapkan otak untuk keesokan harinya,” Sigmund Freud, seorang psikolog menjelaskan bahwa mimpi ini adalah pengalaman alam bawah sadar yang terjadi saat kita masuk ke dalam fase tidur paling lelap.

ARTI MIMPI
Mimpi tentang jatuh
Ternyata mimpi ini cukup umum dialami manusia.ada penelitian yang menjelaskan bahwa mimpi jatuh ini pertanda bahwa hidupmu sedang tidak berjalan mulis. Penulis buku “The Illustrated Dream Dictionary”, Russel Grant, mengatakan bahwa mimpi terjatuh ini adalah mimpi yang sering terjadi. Mimpi ini jadi simbol yang mewakili ketakutanmu dalam hidup. Misalnya ketakutan akan kegagalan dalam pekerjaan atau kegagalan dalam percintaan.

Dr. Nereida Gonzalez-Berrios, M.D., seorang psikiater dalam Bustle juga mengatakan hal yang serupa bahwa umumnya mimpi ini menandakan kehilangan keseimbangan dalam hidup. Tetapi juga bisa diartikan sebagai ketakutan dan kecemasan kita terhadap suatu hal.
Mimpi gigi copot Mitos yang paling umum beredar terkait mimpi ini adalah bahwa itu merupakan pertanda akan ada seseorang yang meninggal. Namun, para ahli ternyata punya interpretasi yang berbeda terkait makna dari mimpi ini.Menilai bahwa mimpi ini memiliki arti bahwa seseorang yang mengimpikannya sedang mengalami sesuatu yang membuat dia kehilangan rasa percaya diri. Sementara Grant memiliki pendapat bahwa mimpi gigi copot menandakan pertanda buruk karena mewakili sebuah hubungan yang terputus.

Kalau mau cerita tentang mimpi ini bisa dibahas sampaii lusal berbagai macam mimpi yang terjadi pada seluruh orang Ada mimpi sedap, mimpi menakutkan,,mimpi berjodohan,mimpi bangkong dan sebagainya. Apapun mimpinya kita tetap menjaga kebugaran badan istirahat cukup,hidup santai makan bergizi,hindari narkoba dan alkohol.rajin olahraga dan berjemur.semoga terciptanya Anda Sehat Kami Bangga!
RobertoNews 1562《4.10.22( 07.30)》
• Praktisi Dokter dan Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait