Momentum Harkitnas, Pemkot Madiun Perkuat IT Tingkatkan SDM

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Teknologi Informasi (IT) cukup berperan dalam berbagai aspek kehidupa era milineal seperti sekarang ini. Namun, tentunya membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni agar manfaat yang dihasilkan optimal.

Pentingnya kedua hal tersebut hingga kerap dijadikan tema sejumlah peringatan. Seperti Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2018 ini yang mengambil tema ‘Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di Era Digital’.

‘’Tema ini dapat dimaknai sebagai upaya mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk mengingkatkan kapasitas diri, khususnya di bidang teknologi,’’ kata Walikota Madiun, H. Sugeng Rismiyanto, saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI pada upacara peringatan Harkitnas 2018 di Halaman Balaikota Madiun 21 Mei 2018.

Generasi millennial, lanjutnya, terpapar massifnya perkembangan teknologi. Terutama teknologi digital. Ini bisa menjadi ancaman jika ditanggapi secara pasif. Masyarakat akan jauh tertinggal dan sulit mengejar. Sebaliknya, bakal menjadi berkah jika mampu menaklukkan dan mengambil manfaat dari segi ekonominya. “Sumber daya manusia ini menjadi penting. Makanya, ini yang harus diperkuat,’’ tambahnya.

Sugeng juga mengingatkan masyarakat akan sisi positif dan sisi negatif keberadaan teknologi ini. Masyarakat diminta tidak hanya lihai memanfaatkan teknologi untuk mengumpulkan pundi-pundi materi. Namun juga harus meningkatkan kewaspadaan. IT, katanya, jangan sampai dimanfaatkan untuk mendapat maupun menyebar konten yang dapat merugikan masyarakat dan bangsa.

Untuk itu, Pemkot Madiun terus berupaya meningkatkan kemampuan IT masyarakat. Bahkan, dimulai dari anak didik di sekolah dasar hingga para aparatur sipil negara (ASN).

‘’Melalui momentum Harkitnas ini, seluruh Pemda diminta untuk memanfaatkan IT dalam meningkatkan kapasitas SDMnya. Begitu juga di Kota Madiun. Pemkot terus berupaya mewujudkan itu,” ujarnya sembari menyebut ASN wajib selalu bekerja dan melaksanakan tugas berdasarkan koridor yang telah ditentukan. (Diskominfo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *