MTQ Nasional Ditutup, Banten Juara Umum

  • Whatsapp

(Disusul DKI Jakarta, Kepulauan Riau dan NTB)

Mataram – beritalima.com

Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin, tadi malam, sabtu (6/8/2016) secara resmi menutup MTQ Nasional ke XXVI yang berlangsung di Mataram NTB. Sebelumnya direncanakan Wakil Presiden, Jusuf Kalla dijadwalkan akan menutup secara resmi event tersebut, namun Wapres berhalangan, Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ)) Pusat Machasin pada Konferensi Pers Persiapan Penutupan MTQN ke-26 di Media Center MTQN Komplek Islamic Center Kota Mataram, Sabtu (6/8) yang dihadiri Wakil Gubernur NTB HM. Amin,SH.

Kafilah Provinsi Banten meraih juara umum dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVI di NTB. Sementara itu DKI Jakarta menempati juara kedua dan Kepulauan Riau di posisi ketiga. Sementara itu, NTB selaku tuan rumah menempati posisi keempat. Prof Said Aqil Al Munawar selaku Ketua Dewan Hakim MTQN XXVI 2016 membacakan hasil tersebut, Sabtu (6/8/2016) dari atas panggung utama. Sebelum pembacaan juara umum, diumumkan terlebih dahulu juara individu dari 7 cabang lomba. Gubernur Rano Karno menerima langsung piala bergilir juara umum tersebut dari Menag Lukman Hakim Syaifuddin.

Berikut ke 10 peringkat 10 juara umum MTQ Nasional ke XXVI di Mataram NTB, 1. Banten 2.DKI Jakarta 3.Kepulauan Riau 4.Nusa Tenggara Barat 5.Jawa Tengah 6.Riau 7.Sumatera Barat,  8.Aceh,   9.Papua Barat,  10.Jawa Barat.  Menteri Agama bersama Gubernur NTB menyerahkan penghargaan.  Menteri Agama  menyerahkan piala bergilir Presiden RI kepada juara umum MTQN XXVI yang diraih Provinsi Banten dan menandatangani prasasti MTQ Nasional XXVI tahun 2016. Selanjutnya, Gubernur NTB menyerahkan bendera MTQ kepada Ketua LPTQ nasional, untuk selanjutnya diserahkan kepada Tuan Rumah MTQN XXVII tahun 2018.

Menurut Ketua Dewan Hakim MTQ Nasional, bahwa hasil rekapitulasi rangking terbaik MTQ Nasional, Provinsi Banten memperoleh nilai tertinggi dibandingkan dengan provinsi lainnya. Kafilah Banten meraih nilai 56 karena menempatkan 6 orang diperingkat pertama dengan nilai 30, kemudian enam orang diperingkat kedua dengan nilai 18 dan delapan orang diperingkat ketiga dengan nilai 8. Urutan Kedua diraih DKI Jakarta dengan meraih nilai 41 dan juara III disusul Kepulauan Riau dengan nilai 39. Sementara untuk Tuan Rumah NTB menempati 8 besar. (B5-SUKUR)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *