Musium Keraton Sumenep Raih Penghargaan East Java Tourism Award 2021

  • Whatsapp
Penghargaan berupa sertifikat dan trofi itu diserahkan Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati Achmad Fauzi, di Hotel Mercure Malang Jawa Timur

SUMENEP, beritalima.com| Museum Keraton Sumenep yang berada di Jl. Dr. Sutomo No. 6 Kelurahan Pajagalan meraih penghargaan East Java Tourism Award 2021.

Penghargaan berupa sertifikat dan trofi itu diserahkan Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati Achmad Fauzi, di Hotel Mercure Malang, Jumat (10/12/2021) malam.

Bacaan Lainnya

Museum Keraton Sumenep meraih prestasi Terbaik III kategori Daya Tarik Wisata di ajang East Java Tourism Award 2021.

Bupati Achmad Fauzi bersyukur salah satu warisan budaya dari zaman keraton itu meraih penghargaan sebagai salah satu objek wisata dengan daya tarik terbaik di Jawa Timur.

“Yang jelas penghargaan ini harus menjadi pelecut semangat bersama untuk terus mengembangkan daya tarik wisata sebagai instrumen penggerek perekonomian masyarakat Sumenep,” kata Bupati Achmad Fauzi, Sabtu (11/12/2021) pagi.

Dia menyampaikan, pelestarian warisan budaya Sumenep tidak hanya menjadi kewajiban pemerintah semata, melainkan juga peran serta masyarakat.

Kepedulian merawat warisan budaya sangat dibutuhkan untuk menghadapi berbagai kondisi perkembangan, supaya kebudayaan leluhur tersebut tidak hilang begitu saja.

“Saya mengharapkan kebudayaan asli di Kabupaten Sumenep terus bertahan dan lestari, tidak tergerus perubahan zaman apapun di tengah-tengah masyarakat,” ujar Bupati Achmad Fauzi.

Gubernur Khofifah ketika sambutan di ajang East Java Tourism Award 2021 mengatakan, wilayah di Jawa Timur rata-rata memiliki keraton dan kerajaan, sehingga kekayaan budaya-budaya sangat luar biasa.

“Hari ini Jawa Timur mendapatkan anugerah terbaik pertama untuk kearsipan dan idetifikasi karya-karya klasik,” katanya, seperti dilansir situs kominfo.jatimprov.go.id, Sabtu (11/12/2021) pagi.

Menurut Gubernur Khofifah, banyak desa wisata Jatim yang masuk dalam nominasi penghargaan yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Itu menandakan jika potensi daerah di Jawa Timur sangat besar,” lanjut Gebernur.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur, Sinarto menyebut, ajang East Java Tourism Award 2021 merupakan agenda tahunan.

“Ada beberapa kategori penghargaan yang diserahkan Gubernur Jatim kepada daerah maupun desa yang sukses mengembangkan wisata lokal dengan kategori Sumber Daya Alam (SDA),” ungkapnya.

Malam anugerah East Java Tourism Award dimeriahkan dengan penampilan spesial model difabel dari Kota Surabaya dan Blitar, Putri Indonesia Jawa Timur 2022 dan East Java Fashion Harmony 2021.

Kegiatan tersebut digelar secara hybrid (langsung dan virtual) dengan penerapan protokol kesehatan, aplikasi PeduliLindungi dan penonton wajib mengikuti swab antigen yang disediakan panitia.

(**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait