Naik Trail, Bupati Wonosobo Sambangi Daerah Terpencil

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com – Guna mendengarkan keluhan warganya dan merasakan langsung kondisi jalan di desa – desa yang perlu mendapatkan perbaikan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Bupati Wonosobo, Dandim 0707, Kapolres, Kajari, Pj. Sekda dan beberapa pimpinan OPD kabupaten Wonosobo menyambangi beberapa daerah terpencil di wilayah kecamatan Wadaslintang dengan motor trail.

Diketahui di tiga desa yang disambangi yakni Desa Trimulyo, Desa Ngaliyan dan Desa Kalidadap, sebagian besar persoalannya seputar infrastruktur desa, seperti jalan dan jembatan yang diminta masyarakat agar diperhatikan, segera diperbaiki dan dibangun Pemerintah Daerah, karena beberapa diantaranya adalah jalan penghubung antar desa, sehingga tidak semuanya bisa dibiayai dari Dana Transfer Desa.

Bacaan Lainnya

Bupati Wonosobo menyampaikan Pemkab akan terus berkoordinasi dengan legislatif, Pemerintah propinsi dan pusat sehingga permasalahan infrastruktur di tiga desa ini akan mendapatkan solusi yang tepat.

‘Pada tahun ini kita rencanakan akan bangun ruas jalan di Kecamatan Wadaslintang, diantaranya pembangunan ruas jalan Ngalian – Lancar senilai 8,1 milyar rupiah serta ruas jalan Ngalian – Kalidadap senilai 10,4 milyar rupiah, yang kesemuanya melalui APBD Tahun Anggaran 2019.” Jelas Eko Purnomo.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyambangi Pemdes setempat dan memberikan bantuan diantaranya 30 paket bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) senilai 16 juta rupiah per rumah di masing-masing desa Trimulyo, Ngaliyan dan Kalidadap yang berasal dari Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Wonosobo, bantuan bagi tiga Pemerintah Desa tersebut masing-masing senilai 1 juta rupiah dari Bank Jateng, bantuan 8.000 bibit pohon untuk seluruh desa di Kecamatan Wadaslintang yang berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, dan pemberian Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) gratis dari Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Wonosobo kepada 10 orang di Desa Trimulyo dan 12 orang di Desa Kalidadap. Adapun untuk kecamatan Wadaslintang sendiri, total ada 123 IMB gratis yang diberikan. Termasuk bantuan dari BAZNAS bagi 1 keluarga yang mengalami cacat tuna netra di Desa Kalidadap senilai 1 juta rupiah.

Selain Bupati, Dandim, Kapolres dan Kajari juga memberikan bantuan 3 set seragam olah raga, beserta 3 bola volley dan 3 bola sepak di tiga sekolah di Desa Trimulyo, Ngaliyan dan Kalidadap yang mana bantuan tersebut bersumber dari Bagian Kesra Setda Wonosobo

“Kita berharap Kades untuk mampu menggali dan mengelola potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki, sekaligus kreatif serta inovatif mengembangkan potensi kearifan lokal menjadi sumber ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat.” Harap Bupati.

Para perangkat desa juga diminta untuk meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, efesien dan efesien efektivitas kinerja kelembagaan desa.

“Ingat jangan sampai adanya tumpang tindih dalam pelaksanaan pembangunan harus selalu disinergikan dengan program pemerintah yang diterima oleh desa dan ciptakan keadilan antar wilayah di tingkat desa.” Pesan Eko.

Bupati juga berharap kepada Kepala Desa untuk melibatkan semua unsur masyarakat, seperti BPD, RW, RT dan seluruh komponen masyarakat lainya, dalam setiap kebijakan, baik dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasinya. (Nur)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *