Ninja Xpress Berbagi Tips Agar Belanja Online Aman

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | Ninja Xpress berbagi tips untuk membantu pembeli barang secara online terhindar dari penipuan. Pertama, sebelum belanja online pastikan sudah melihat performa toko penjual dengan mengecek rating dan membaca review pembeli. Namun, juga harus teliti, karena terkadang masih ada praktik brushing.

Dua, waspadai tawaran dan harga yang terlalu menggiurkan. Berpikirlah dengan rasional. Jika penawaran terlihat terlalu bagus, maka kemungkinan penawaran tersebut penipuan.

Tiga, baca syarat dan ketentuan pengembalian barang sebagai antisipasi jika barang yang diterima tidak sesuai atau rusak. Pastikan juga memahami seluruh syarat dan ketentuannya dan bertanyalah ke penjual jika masih ada yang tidak kamu pahami.

Empat, waspada jika ada yang meminta kode OTP, PIN, dan user login, baik secara langsung ataupun melalui link tertentu. Tidak ada alasan bagi orang lain untuk menanyakan data personal. Link website tersebut bisa saja palsu, dan sekali kita memasukkan data pribadi, bisa jadi seluruh akses kita sudah diambil alih.

Lima, jika ada transaksi pembelian ataupun mendapat kiriman hadiah, teliti dahulu informasi pengirim dan informasi isi barang apakah semuanya sesuai atau tidak. Pastikan kamu dapat menghubungi si pengirim jika ada ketidaksesuaian, karena jasa pengiriman biasanya tidak dapat mengetahui dengan pasti isi paket.

Enam, waspada pada orang yang mengaku dari lembaga atau perusahaan tertentu. Penipu dapat mengaku dari bank, e-commerce, jasa ekspedisi, hingga fintech. Terkadang penipu bahkan dapat mengaku sebagai kenalan atau keluarga korban baik melalui sms, chat Whatsapp, dan pesan di media sosial.

Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress, berharap masyarakat dapat lebih waspada dan teliti lagi dalam beraktivitas belanja online. “Kini dengan semakin banyaknya masyarakat yang beraktivitas di dunia maya maka akan semakin banyak lagi kesempatan untuk melakukan penipuan. Melalui edukasi ini, Ninja Xpress berharap untuk mengurangi jumlah korban penipuan berbelanja online,” ujarnya, Rabu (4/1/2023).

“Ninja Xpress siap membantu pengiriman paket dengan mudah melalui penjemputan langsung ke lokasi dengan terlebih dahulu mendaftar di https://selalusiap.ninjaxpress.id. Berbagai layanan dari regular, same day, hingga COD (Cash on Delivery) dengan perhitungan pasti dan pencairan 2 kali seminggu siap membantu UMKM mengirimkan paket ke seluruh wilayah di Indonesia,” pungkasnya. (Gan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait