Ninja Xpress Optimalkan Akurasi Biaya Pengiriman Paket dengan Teknologi DWS

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Untuk mempermudah UKM/shipper dalam pengiriman dan mengefisiensikan biaya kirim barang, Ninja Xpress menggunakan mesin dimension weight and scanning (DWS). Mesin penghitungan paket yang lebih akurat dan efisien ini tidak hanya menjamin akurasi berat namun juga dimensi paket.

Hingga saat ini sudah lebih dari 120 mesin DWS yang digunakan di pusat penyortiran Ninja Xpress di area Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah, yang termasuk dalam lima besar wilayah asal (origin) pengiriman barang Ninja Xpress sepanjang tahun 2021.

Berkaca pada laporan Suara UKM Negeri pada tahun 2020, sebanyak 21% pelaku UKM mengatakan bahwa salah satu kendala utama yang mereka alami adalah mahalnya biaya pengiriman. Berat dan dimensi menjadi komponen penting yang menentukan biaya pengiriman.

Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress, mengatakan, dengan adanya mesin DWS yang melakukan pengukuran berat dan dimensi paket dengan akurat dan otomatis, Ninja Xpress berharap dapat mengurangi selisih hitungan dengan shipper, sehingga proses faktur lebih cepat, dan pada akhirnya membuat arus kas mereka menjadi lebih efisien.

“Untuk itu, Ninja Xpress berencana akan menambah lebih dari 200 mesin DWS lagi pada 2022 ini, agar lebih dapat mengakomodasi kebutuhan volume paket shipper di seluruh Indonesia,” lanjut Andi, Sabtu (18/6/2022).

Dikemukakan, mesin DWS yang digunakan Ninja Xpress dapat melakukan pengukuran berat dengan akurasi hingga 50 gram dan dimensi hingga akurasi 2 cm. Kapasitas mesin ini mencapai 50 kg dan dimensi maksimal 70x50x40 cm.

Salah satu keunggulan mesin ini adalah fitur 3D stereo camera yang dapat menangkap ukuran berat, dimensi, dan gambar paket secara bersamaan untuk dikirim ke sistem database dengan memindai barcode yang ada di paket sehingga memiliki bukti yang autentik.

Selain akan menambah ratusan mesin DWS di pusat penyortiran di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali, Ninja Xpress juga akan menempatkan mesin tersebut di pusat penyortiran di Medan, Palembang, Pekanbaru dan Lampung untuk mengakomodasi volume paket di seluruh Indonesia. Dengan penambahan ini Ninja Xpress berharap sebanyak lebih dari 95% paket yang dikirimkan dapat ditimbang dan diukur secara akurat. (Gan)

Teks Foto: Mesin DWS yang digunakan Ninja Xpress. Mesin penghitungan paket yang lebih akurat dan efisien ini tidak hanya menjamin akurasi berat, namun juga dimensi paket.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait