Nono Sampono Ajak Masyarakat Gotong Royong Lawan Vovid-19

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Mencermati peningkatan jumlah kasus positif Virus Corona (Covid-19) yang sudah tersebar di sejumlah daerah di tanah air dipandang perlu langkah antisipasi, pencegahan serta penanggulangan terhadap penyebaran virus mematikan itu.

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono mendukung langkah Pemerintah yang telah dan sedang melakukan upaya penanganan dan penaggulangan terhadap wabah Covid-19 serta dampaknya.

Senator dari Provinsi Maluku tersebut juga mendukung langkah Pemerintah untuk sementara belum mengambil kebijakan ‘lockdown’ secara nasional serta memberikan kewenangan kepada Pemerintah Daerah melakukan penilaian dan penanganan penanggulangan Covid-19 di bawah koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang sudah dibentuk dengan melibatkan Kementerian terkait.

Dalam keterangan tertulis kepada awak media, Nono menyebutkan, bila terjadi peningkatan eskalasi bencana secara ekstrim, Nono menghimbau Pemerintah untuk membuka ruang atau bahkan meminta bantuan negara-negara sahabat terutama yang sudah mampu mengatasi dan memiliki vaksin Covid-19.

Untuk itu, DPD RI akan melakukan perubahan atau penyesuaian program dan kegiatan antara lain kunjungan baik dalam negeri maupun luar negeri, serta persidangan DPD RI III Tahun Sidang 2019-2020 disesuaikan dengan Anggota DPD RI untuk tetap berada di daerah pemilihan.

“Ini semua dalam rangka melaksanakan tugas mendesak untuk antisipasi, pencegahan dan kewaspadaan penyebaran Covid-19 melalui diantaranya pengawasan, pemantauan, supervisi, advokasi, fasilitasi, konsultasi, koordinasi dan pertemuan terbatas dengan pemerintah daerah serta komponen masyarakat di daerah.

Karena itu, pimpinan DPD RI menginstruksikan Sekjen DPD RI melakukan pengaturan kedinasan untuk Pejabat, Pejabat Fungsional, Pelaksana, Staf Anggota Bidang Keahlian/Administrasi di Ibu Kota Negara serta Provinsi, termasuk PPNPN untuk bekerja dari rumah masing-masing guna menghindari kontak fisik secara masif.

Selain itu, Nono juga menghimbau Anggota DPD RI dan masyar akat untuk mengoptimalkan penggunaan berbagai media komunikasi online seperti email, media sosial, atau aplikasi komunikasi lainnya, menghindari diri dan tidak mengambil bagian dari berita-berita hoaks, serta menjaga kesehatan dan keselamatan diri dan keluarga terutama menghindari kontak fisik dan kerumunan massa.“Mari kita bersatu dan bergotong-royong melawan Covid-19,” demikian Nono Sampono. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait