Opera Majapahit Pukau Ratusan Penonton di Cina

  • Whatsapp
www.beritalima.com

CINA, beritalima.com – Pementasan opera Majapahit oleh sekelompok mahasiswa Indonesia dan internasional berhasil memukau ratusan penonton di Gedung Activity Center, Harbin Institute of Technology (HIT), Harbin, Cina pada 27 Mei 2018 lalu.

Atraksi seni tersebut selain melibatkan puluhan pelajar Indonesia juga mengikutsertakan para pelajar asing yang berasal dari Cina, Korea Selatan, Rusia, Kazakhstan, India, Pakistan, Suriname, dan Bolivia.

Para aktor berhasil memerankan setiap karakter yang dimainkan dengan baik. Mereka sukses menampilkan pertunjukan drama yang kontemporer dan elegan melalui paduan alur cerita, koreografi, musik, dan tarian.

Pertunjukan cerita kolosal tersebut berdurasi selama 90 menit bertajuk “Majapahit: The Golden Age of Archipelago.” Sekitar 500-an penonton yang memadati Gedung HIT memberi standing ovation usai menyaksikan pertunjukan teater.

www.beritalima.com

Menurut Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok Cabang Harbin, Samuel Gilbert mengatakan, pementasan drama Majapahit merupakan pertunjukan serial tiga para pelajar dari Indonesia di Harbin, China. Pertunjukan ini merupakan hasil karya mahasiswa Indonesia bersama mahasiswa asing yang berada di kawasan Harbin.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Selama dua tahun berturut-turut ini tercatat bahwa pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPIT Harbin ini telah berhasil mementaskan lakon Rara Jonggrang (2016) dan Ken Arok (2017),” jelasnya.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Disebutkan, persiapan acara ini sudah dilakukan sejak beberapa bulan sebelumnya dan seluruh panitia bekerja maraton siang hingga malam selama persiapan akhir acara ini. Hasilnya, pentas akbar yang diselengarakan di Gedung HIT ini bisa berjalan dengan baik hingga mendapatkan standing ovation dari sekitar 500 penonton yang hadir.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Sementara itu, Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing, Priyanto Wibowo mengapresiasi pelajar Indonesia yang telah menampilkan pentas opera modern dengan menunjukkan kekayaan seni dan budaya Nusantara selama tiga tahun berturut-turut.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Mudah-mudahan mereka bisa terus berkreasi untuk menyebarluaskan keanekaragaman budaya kita kepada dunia,” katanya.

www.beritalima.com

Selain itu, delegasi Kementerian Pariwisata RI, Chandra berharap masyarakat internasional bisa semakin mengenal Indonesia dan semakin banyak yang berwisata ke Indonesia dengan adanya kegiatan seni tersebut.

Pementasan opera Majapahit ini didukung oleh KBRI Beijing, Kementerian Pariwisata RI, PPI Tiongkok, HIT, dan BLCI. Pada kesempatan turut diselenggarakan pameran produk, budaya dan seni Indonesia. (**)

www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *