Pakai Aplikasi, Lembaga Independen Pemantau Pemilu JAPRI Siap Amanah

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Setelah resmi terdaftar sebagai lembaga pemantau pemilu, Jaringan Pemantau Dan Research Indonesia (JAPRI) Jawa Timur segera menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Kongkow Demokrasi.

Rakornas dan Kongkow Demokrasi tersebut diagendakan pada Kamis (4/4/2019) nanti, di Hotel Luminor Surabaya. Tujuannya untuk memastikan kesiapan seluruh anggota JAPRI dalam menghadapi Pilpres dan Pileg 19 April 2019 mendatang.

Kordinator Wilayah JAPRI Jawa Timur, Zainudin SHI, mengatakan, Rakornas dan Kongkow Demokrasi ini nanti akan dihadiri seluruh relawan JAPRI yang siap turun memantau jalannya Pemilu pada 17 April 2019.

Mereka terdiri dari unsur perwakilan DPW Muhammadiyah, PWNU Jatim, KPU Jatim, Bawaslu Jatim, Polda Jatim, Kodam V Brawijaya, dan perwakilan berbagai ormas. Mereka twlah menyatakan siap menjalankan amanah sebagai pemantau yang independent.

“Kami akan mengundang semua elemen masyarakat yang ada di Jawa Timur untuk hadir dalam kegiataan yang kami buat, dan tentu saya berharap mereka yang undang semuanya hadir,” ujar Zainudin saat ditemui di Sekretariat JAPRI Jatim di Surabaya, Senin (1/4/2019).

Ditambahkan, selain untuk memastikan kesiapan anggota JAPRI menjalankan amanah sebagai pemantau Pemilu yang independent, dalam Rakornas dan Kongkow Demokrasi nanti juga akan dilakukan peluncuran sekaligus sosialisasi penggunaan aplikasi JAPRI.

Di sisi lain, Indonesia memasuki era baru dalam dunia Pemilu, untuk kali pertama sejak orde baru.

Menurut Koordinator Bidang Relawan dan Kaderisasi Korwil JAPRI Jatim, Fakhrurrazi, penggunaan aplikasi JAPRI ini merupakan salah satu solusi yang baik untuk mengawasi Pemilu 2019 yang padat, yang langsung pemungutan dan penghitungan suara Pilpres, DPR-RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dalam tempo sehari sekaligus.

“Karena itu, menggunakan Aplikasi JAPRI merupakan solusi terbaik untuk langsung terlibat mengawasi Pemilu 2019,” tandas Rozi, panggilan akrab Fakhrurrasi. (Ganefo).

Teks Foto: Korwil JAPRI Jatim, Zainudin SHI (berdiri), bersama Ketua KPU Jatim, Choirul Anam.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *