Pakde Karwo Lakukan Takbir Akbar di Masjid Akbar

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo melakukan takbir akbar menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H/2017 M bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim di Masjid Al-Akbar Surabaya, Sabtu (25/6) malam.

“Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. La ilaha illallahu Allahu Akbar.. Allahu Akbar wa lillahil-hamd” demikian lantunan takbir yang diucapkan Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim yang kemudian langsung diikuti oleh Forkopimda dan ribuan jamaah yang hadir pada malam yang cerah itu.

Usai memimpin takbir, raut wajah Gubernur yang telah memimpin Jatim selama dua periode itu tampak sumringah. Pakde Karwo mengatakan, malam takbir sebagai penanda kemenangan untuk seluruh umat muslim yang telah sebulan penuh berjuang memperkuat iman dan melaksanakan ibadah puasa.

Bulan suci Ramadhan 1438 H ini, lanjut Pakde Karwo, memberikan kesan mendalam bagi masyarakat Jatim. Sebab, suasana provinsi sangat aman, nyaman, tentram, dan damai. Sehingga seluruh umat muslim di Jatim dapat melaksanakan ibadah dengan khusuk, tenang, dan tanpa gangguan berarti.

Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih kepada TNI, Polri, dan seluruh masyarakat Jatim yang telah menjaga suasana aman dan nyaman tersebut. Ia menilai belum ada suasana senyaman hari-hari selama ini dalam rangka menjelang hari raya Idul Fitri. Oleh karena itu, diharapkannya suasana tersebut bisa terjaga seterusnya.

Menurut Pakde Karwo, kondusifnya suasana di bulan ramadhan ini karena Allah SWT telah memberikan perlindungan dan nikmatNya kepada masyarakat provinsi ini. “Ini karena Jatim telah membersihkan dari tempat-tempat maksiat. Sebanyak 47 lokalisasi yang dihuni 7.212 Wanita Tuna Susila (WTS) telah ditutup,” ujarnya.

Imbau Pemudik Manfaatkan Rest Area

Masih menurut Pakde Karwo, sampai sejauh ini belum ada laporan kasus kemacetan yang terjadi di ruas-ruas jalan di Jatim. Ini karena beberapa ruas jalan tol baru seperti jalur fungsional Surabaya-Mojokerto hingga kertosono sudah beroperasi, sehingga pemudik bisa memiliki berbagai alternatif.
“Tahun lalu masih ada laporan 8 jam macet di Mengkreng, Alhamdulillah hari ini menurut laporan Pak Kapolda, mencari jalan yang macet aja gak ketemu” katanya.
Meski jalanan relatif tidak macet, lanjut Pakde Karwo, pemudik diharapkan tetap berhati-hati di jalan dan memanfaatkan fasilitas di sejumlah rest area yang telah disiapkan pemerintah dan pihak swasta di jalur mudik yang tersebar di seluruh Jatim.

“Bagi pengemudi, tolong jaga emosi dengan baik dan tidak usah dipaksakan jika lelah. Silahkan mampir ke rest area yang telah disediakan, disitu ada minuman dan tempat sembahyang. Bahkan juga ada fasilitas pijat bagi yang pusing atau capek. Semua pelayanan itu agar pemudik selamat sampai tujuan” katanya.

Pada kesempatan itu, Pakde Karwo berkesempatan untuk memberikan 200 paket bingkisan secara simbolis kepada 200 anak yatim dari sepuluh panti asuhan di Surabaya dan sekitarnya. Malam takbir itu juga dihadiri Kapolda Jatim, Pangdam V/Brawijaya, Kakanwil Kemenag Prov Jatim, pimpinan PWNU, Muhammadiyah, organisasi-organisasi Islam, para kyai dan tokoh masyarakat. (r)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *