Pamijahan Diserbu Peziarah

  • Whatsapp

TASIKMALAYA, BeritaLima.com – Memasuki bulan Ramadhan, Pamijahan di Bantarkalong Tasikmalaya semakin ramai disambangi para peziarah. Makam Pamijahan dan Gua Safarwadi merupakan destinasi wisata religi terbesar di Jawa Barat.

Area pemakaman tersebut terdiri dari tiga bagian. Pada bagian pertama atau bagian luar bangunan ada sekitar 24 makam sedangkan di area kedua 11 makam. Makam Syekh Haji Abdul Muhyi berada pada bagian utama yang ditutup dinding. Sementara itu Gua Safarwadi yang konon menurut cerita menjadi tempat Sang Waliyullah bertafakur berada tidak jauh dari kompleks pemakaman.

Di dalam Gua Safarwadi dengan izin serta kekuasaan Allah, terdapat mata air zamzam. Mata air yang menyegarkan itu tidak pernah surut meski musim kemarau panjang. Pada beberapa lorong terdapat lubang yang menurut keterangan, merupakan jalan menuju Banten, Demak dan Mekah. Selain itu, para peziarah juga biasanya menyempatkan diri mencocokan kepala dengan lubang yang menyerupai kopeah. Konon, bagi yang cocok, Insya Allah akan mendapat panggilan melaksanakan ibadah haji. Wallahu ‘alam. (Pathuroni Alprian).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *