Parade Layang – layang Hiasi Pantai Slopeng Riuhkan Batik On The Sea

  • Whatsapp
Parade Layang - layang sebagai upaya pemerintah memelihara budaya batik dan memelihara permainan tradisional sebagai alat pemersatu di era milenial

SUMENEP, beritalima.com| Selain pameran batik, fashion competition dan photography competition. Pagelaran Batik On The Sea yang menjadi program Visit Sumenep 2019 oleh Pemerintah setempat juga dilaksanakan Parade Layang – layang bermotif batik.

Suasana Wisata pantai Slopeng pada Sabtu siang (27/ 07/ 2019) menjadi riuh dengan berbagai kejenakaan yang terlihat dari para peserta parade layang – layang.

Ketua Panitia pelaksana kegiatan tersebut, Sigit Tri Atmoko menyampaikan, tujuan dilaksanakannya parade layangan yang terbuat dari lukisan batik madura, dalam rangka memperkenalkan keindahan pariwisata pantai. Serta sebagai bentuk keluhuran budaya melalui batik serta seni layang layang yang merupakan permainan tradisional.

“Selama ini layangan dikenal sebagai mainan yang sarat dengan kebudayaan, bahkan layang -layang sendiri bisa di asimilasikan dengan budaya yang ada di daerah,” katanya.

Lebih lanjut, Sigit panggilan akrabnya menjelaskan, parade layang layang sendiri, merupakan sebuah kegiatan yang menampilkan layang layang dengan berbagai corak dan ragamnya baik 2 dimensi maupun 3 dimensi sebagai sebuah bentuk event kebudayaan atau ritual tertentu disebuah daerah.

“Parade layang layang batik merupakan sebuah kegiatan yang menggabungkan antara keindahan seni layang layang dan tradisi batik, ini yang nantinya bakal menyedot daya tarik wisatawan berkunjung ke Sumenep,” jelasnya.

Selain itu, sambung Sigit, parade Layang-Layang itu juga akan menjadi media untuk membangun daya tarik pariwisata pantai dan untuk mengenalkan batik dari berbagai pengrajin yang berada di Madura.

“Kegiatan ini menjadi upaya pemerintah memelihara budaya batik dan memelihara permainan tradisional sebagai alat pemersatu di era milenial ini,” ungkapnya.

(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *