Parade Sapi Sonok Lestarikan Budaya di Bumi Sumekar Sumenep

  • Whatsapp
www.beritalima.com

SUMENEP, beritalima.com|Pemerintah Kabupaten Sumenep akan menggelar kontes “Sape Sonok” pada Sabtu besok (21/9/2019). Kontes tersebut akan dilaksanakan di Gor A. Yani sebelah timur. Kegiatan ini digelar dalam rangka menarik perhatian wisatawan nusantara maupun mancanegara,

“Insya Allah semua persiapan sudah siap, tinggal pelaksanaannya besok,” kata Roby Firmansyah, Kabid kebudayaan dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) kabupaten Sumenep, Jum’at (20/9/2019).

Kata Roby, kontes tersebut akan diikuti sebanyak 60 pasang sapi dari berbagai kecamatan di Kabupaten Sumenep. “Pesertanya ada sekitar 60 pasang sapi besok,” ungkapnya.

Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, kata Roby pihak panitia bekerjasama dengan paguyuban sape sonok. Menurut dia, semua peserta nantinya akan mendapat hadiah dan piagam penghargaan.

“Ini sifatnya bukan lomba, tapi semacam kontes dan sifatnya seperti parade. Jadi, nanti semua peserta mendapat hadian termasuk piagam,” ujarnya.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Roby mengungkapkan, acara ini merupakan rangkaian Visit Sumenep 2019 yang masuk di kalender event. Dia menambahkan, acara ini merupakan satu rangkaian dari kegiatan Sape Sonok dan Karapan Sapi tingkat kabupaten.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Tapi pelaksanaan Karapan Sapi dimajukan ke tanggal 15 kemarin, nah untuk Sape Sonoknya tetap tanggal 21 besok. Acara ini seharusnya bersamaan, Sabtunya Sape Sonok dan Minggunya Karapan Sapi, sama halnya dengan Karapan Sapi tingkat keresidenan di Bangkalan Oktober mendatang,” pungkasnya.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Dengan begitu, Roby mengajak semua elemen masyarakat untuk hadir memeriahkan pagelaran Sape Sonok yang digelar besok. “Acara ini bertujuan untuk menarik wisatawan berkunjung ke Sumenep, Selain itu, juga menjaga dan melestarikan salah satu budaya masyarakat Sumenep,” tandasnya. ” pungkasnya.
(**/An)

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *