Parade Sapi Sonok Lestarikan Budaya di Bumi Sumekar Sumenep

  • Whatsapp

SUMENEP, beritalima.com|Pemerintah Kabupaten Sumenep akan menggelar kontes “Sape Sonok” pada Sabtu besok (21/9/2019). Kontes tersebut akan dilaksanakan di Gor A. Yani sebelah timur. Kegiatan ini digelar dalam rangka menarik perhatian wisatawan nusantara maupun mancanegara,

“Insya Allah semua persiapan sudah siap, tinggal pelaksanaannya besok,” kata Roby Firmansyah, Kabid kebudayaan dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) kabupaten Sumenep, Jum’at (20/9/2019).

Kata Roby, kontes tersebut akan diikuti sebanyak 60 pasang sapi dari berbagai kecamatan di Kabupaten Sumenep. “Pesertanya ada sekitar 60 pasang sapi besok,” ungkapnya.

Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, kata Roby pihak panitia bekerjasama dengan paguyuban sape sonok. Menurut dia, semua peserta nantinya akan mendapat hadiah dan piagam penghargaan.

“Ini sifatnya bukan lomba, tapi semacam kontes dan sifatnya seperti parade. Jadi, nanti semua peserta mendapat hadian termasuk piagam,” ujarnya.

Roby mengungkapkan, acara ini merupakan rangkaian Visit Sumenep 2019 yang masuk di kalender event. Dia menambahkan, acara ini merupakan satu rangkaian dari kegiatan Sape Sonok dan Karapan Sapi tingkat kabupaten.

“Tapi pelaksanaan Karapan Sapi dimajukan ke tanggal 15 kemarin, nah untuk Sape Sonoknya tetap tanggal 21 besok. Acara ini seharusnya bersamaan, Sabtunya Sape Sonok dan Minggunya Karapan Sapi, sama halnya dengan Karapan Sapi tingkat keresidenan di Bangkalan Oktober mendatang,” pungkasnya.

Dengan begitu, Roby mengajak semua elemen masyarakat untuk hadir memeriahkan pagelaran Sape Sonok yang digelar besok. “Acara ini bertujuan untuk menarik wisatawan berkunjung ke Sumenep, Selain itu, juga menjaga dan melestarikan salah satu budaya masyarakat Sumenep,” tandasnya. ” pungkasnya.
(**/An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *