Pelaku UMKM di Era Digitalisasi Harus Tingkatkan Kapasitas 

  • Whatsapp
"Era digitalisasi yang semakin hari terus berkembang tentunya harus diikuti dengan terus meningkatkan kapasitas pelaku UMKM, sehingga mampu bersaing dengan dunia usaha lainnya," ungkap Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Perindustrian Kabupaten Sumenep, Chainur Rasyid

SUMENEP, beritaLima.com| Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari tahun ke tahun dibutuhkan pengelolaan yang baik dan manajemen yang tepat khususnya dalam pengelolan keuangan, utamanya di era persaingan digital yang terus berkembang.

“Era digitalisasi yang semakin hari terus berkembang tentunya harus diikuti dengan terus meningkatkan kapasitas pelaku UMKM, sehingga mampu bersaing dengan dunia usaha lainnya,” ungkap Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Perindustrian Kabupaten Sumenep, Chainur Rasyid, saat menghadiri pembukaan Pelatihan dan Pendidikan Keuangan Digital

Bacaan Lainnya

Menurutnya, di era digital mau tidak mau, suka tidak suka, hampir semua aktivitas dunia usaha menggunakan digital. Mulai dari produksi, pemasaran hingga manajemen menggunakan digitalisasi. Semua transaksi hingga pelaporan keuangan cukup dengan menggunakan handphone.

Seperti halnya transaksi penjualan hampir semua produk cukup memasang barcode di kemasan produk dan sudah tidak menggunakan manual lagi. Hal tersebut tentunya harus terus dilakukan oleh para UMKM agar bisa bersaing.

Karenanya melalui beberapa pelatihan yang dilaksanakan Dinkop UKM dan Perindag Kabupaten Sumenep yang melibatkan UMKM agar bisa bersaing dengan dunia usaha lainnya.

“Selain terus meningkatkan kualitas produk, kemasan dan inovasi lainnya agar mereka terus bisa bergerak maju serta memiliki laporan keuangan yang baik,” tandasnya.

(**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait