Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Sekdes Blimbing, Berjalan Dengan Lancar

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Dalam rangka mengisi kekosongan perangkat Desa yang sudah pensiun, Pemerintah Desa Blimbing, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Sekretaris Desa.

Pelantikan dan pengambilan sumpah perangkat Desa Blimbing bertempat, di Balai Desa Blimbing. Selasa, (30/08/2022).

Hadir dalam acara, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tri Wantoro, Sekretaris Camat Rejotangan Supardi, Kapolsek Rejotangan, Danramil Rejotangan, Kepala Desa Blimbing Kamid, Kades Se-Rejotangan, Kepala KUA, Ketua PPDI Desa Blimbing, Ketua PKK beserta anggota, Ketua RT/RW serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Kades menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras selam 2 bulan. Mulai dari konsultasi sampai ke pelantikan, sehingga acara bisa berjalan lancar dan aman.

Pelaksanaan mutasi perangkat Desa Blimbing Suyono, sudah melalui beberapa tahapan dan sesuai aturan yang berlaku.

“Saya ucapkan selamat kepada Sekdes baru yang telah terlantik. Sebelumnya, menjabat sebagai Kaur Keuangan menjadi Sekretaris Desa,” sambut Kades

Lanjutnya, setelah dilantik menjadi Sekdes yang baru, otomatis Kaur Keuangan kosong. Berharap, nantinya ada petunjuk dari DPMD Tulungagung terkait kekosongan tersebut.

“Petunjuk agar kekosongan bendahara bisa segera diisi, karena banyak tugas yang sudah menanti kedepan. Banyak kegiatan yang harus diselesaikan dan dikerjakan oleh bendahara,” tutupnya.

Sementara itu, Sekcam Rejotangan Supardi dalam kesempatan mengatakan bahwa, ujian mutasi perangkat sudah selesai dilaksanakan.

“Ujian mutasi perangkat Desa Blimbing telah melakukan serangkaian tahapan, dan telah terpilih lulus ujian. Suyono dulunya Kaur Keuangan dan mutasi dilantik menjadi Sekretaris Desa,” Kata Supardi.

Lebih lanjut, paparnya, tidak ada pesan khusus untuk Sekdes yang baru, karena dia bukan orang baru di jajaran perangkat Desa Blimbing dan sudah lama mengabdi.

“Mengabdi mulai dari Bayan terus menjadi Kaur Keuangan. Setelah ada kekosongan Sekretaris Desa Blimbing karena pensiun, Suyono ikut ujian mutasi dan lolos, saat ini dilantik menjadi Sekretaris Desa,” lanjut Supandi.

Supandi berharap, setelah mendapat kedudukan atau jabatan baru, otomatis Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dan tanggung jawab akan menjadi lebih berat lagi.

“Segera menyesuaikan diri dengan pekerjaan yang baru. Kami yakin dan percaya Suyono mampu menduduki jabatan tersebut,” harapnya.

Sementara Tri Wantoro mewakili Kadin DPMD mengungkapkan, ada beberapa hal yang perlu disampaikan kepada Sekdes yang baru.

“Selamat atas dilantiknya menjadi Sekretaris Desa Blimbing, semoga bisa menjalankan amanah dengan baik komitmen dan tanggung jawab,” ungkap Tri Wantoro.

Menambahkan, Sekdes baru yang terlantik sudah lama berkecimpung di Desa, saya yakin sudah banyak pengalaman.

Tri Wantoro juga mengingatkan, agar pekerjaan utama di Desa dilaksanakan dengan baik dan tepat waktu.

“Sebagai Sekdes sekaligus menjabat ketua PPDI Kabupaten Tulungagung, tentunya secara administrasi bisa menjalankan Tupoksinya,” Terangnya.

Selain itu, bisa menjaga kekompakan dan kebersamaan dengan perangkat-perangkat lainnya. Sebagai orang nomer 2 di Desa, tetap membantu Kades dalam menjalankan tugas setiap hari.

“Jabatan merupakan sebuah amanah yang harus dilaksanakan sesuai hati nurani, penuh keikhlasan untuk mengabdi dan melayani masyarakat dengan tulus,”

Untuk kekosongan jabatan di Kaur Keuangan yang ditinggalkan, Sekretaris juga memberi arahan yang sesuai dengan aturan dan undang-undang.

“Kades bisa memberikan surat tugas kepada perangkat lain untuk menjadi bendahara. Karena tugas bendahara cukup vital dan cukup berat, tentunya segera ditunjuk surat tugas untuk bendahara,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait