Pelantikan Konsul Kehormatan RI Untuk Burundi

  • Whatsapp

Dar es Salaam, beritalima.com | Pada tanggal 28 Juni 2021, Dubes RI Dar es Salaam telah melantik konsul kehormatan RI di Burundi melalui penyerahan surat kepercayaan Presiden RI kepada Konhor. Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh mantan Presiden Burundi H.E. Domitien Ndayizeye, Permanent Secretary Kementerian Hubungan Eksternal dan Kerjasama Internasional Burundi Mr. Isidore Ntiparemba, Duta Besar dan Konhor negara-negara sahabat di Burundi, komunitas bisnis, WNI, serta para alumni penerima beasiswa Indonesia di Burundi.

Penunjukan Konhor Burundi tersebut menjadi sejarah baru hubungan diplomatik RI dan Burundi, di mana untuk pertama kalinya RI memiliki konsul kehormatan untuk Burundi semenjak dimulainya hubungan diplomatik pada tahun 1988. Pelantikan tersebut dilakukan di sela-sela kegiatan Diplomatic Week Burundi dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Burundi ke-59 pada tanggal 1 Juli 2021 mendatang.

Dalam sambutannya, Dubes RI menyampaikan bahwa hubungan kedua negara memiliki potensi yang sangat besar. Indonesia merupakan negara G 20 yang diproyeksikan menjadi 5 besar perekonomian dunia di masa depan, sementara Burundi juga tengah menjalani proses industrialisasi, memiliki sumber daya alam yang sangat besar, serta memiliki posisi yang strategis di Kawasan danau Tanganyika. Penunjukan konhor tersebut merupakan sebuah gestur penting dari Pemerintah RI yang berkeinginan untuk secara optimal menggarap potensi hubungan bilateral tersebut dan pada gilirannya akan menghasilkan keuntungan yang nyata bagi kedua negara.

Sementara itu, dalam sambutannya, Permanent Secretary menyampaikan pengakuannya terhadap keberhasilan pembangunan Indonesia, dan menyampaikan harapan bahwa dengan adanya Konhor tersebut, akan lebih banyak investasi dari RI yang masuk ke Burundi serta akan terciptanya transfer of knowledge dan transfer of technology yang sangat dibutuhkan untuk pembangunan Burundi.

Mr. Audace Ndayizeye merupakan ketua KADIN Burundi yang juga mantan Direktur Jenderal pada Kementerian Energi dan Pertambangan Burundi merupakan sebuah figur yang banyak dikenal di jajaran Pemerintahan serta Pebisnis Burundi. Sesuai dengan Permenlu No. 3/2021, sebagai Konhor RI, beliau akan mendukung sebagian pelaksanaan tugas KBRI Dar es Salaam yang terakreditasi untuk Burundi sebagai berikut: (1) pelayanan dan pelindungan warga negara Indonesia, (2) peningkatan hubungan, kerja sama, dan promosi perdagangan, perindustrian, pariwisata, investasi, dan jasa, (3) peningkatan hubungan, kerja sama, dan promosi sosial budaya; (4) pengamatan keadaan dan perkembangan Negara Penerima Konsul Kehormatan; (5) pelaporan; dan (6) fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Perwakilan Diplomatik dan disetujui oleh Negara Penerima Konsul Kehormatan.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan working lunch antara Dubes RI dan 30 pengusaha Burundi untuk membahas berbagai potensi kerja sama ekonomi kedua negara yang perlu digarap, antara lain perdagangan secara langsung (tanpa pihak ketiga) untuk berbagai produk unggulang Indonesia di Burundi (a.l. Minyak kelapa sawit, mesin pengolahan pertanian, dan sabun), investasi di bidang minyak kelapa sawit dan pertambangan, dan lain-lain.

KBRI Dar es Salaam berkomitmen untuk terus meningkatkan hubungan bilateral RI dan Burundi. Bagi para pengusaha RI yang ingin mengetahui lebih anjut potensi bisnis di Burundi, dapat menghubungi KBRI Dar es Salaam melalui berbagai kanal resmi yang dapat dilihat pada http://www.kemlu.go.id/daressalaam.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait