Pemkab Bondowoso Dapat Bantuan 3 Miliar untuk Atasi Stunting

  • Whatsapp
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar saat serahkan terima cendramata

BONDOWOSO, beritalima.com – Pemerintah kabupaten Bondowoso mendapat kucuran dana sebesar 3 Miliar dari Global Alliance Improved For Nutrition (GAIN) dari Swiss untuk membantu mengatasi kasus Stunting yang ada di Bondowoso.

Country Director GAIN untuk Indonesia Rafi Menon, mengatakan bahwa dalam membantu merubah perilaku hidup masyarakat ini pihaknya menggelontorkan sekitar Rp 3 milliar untuk kerjasama selama tiga tahun ke depan dengan Bondowoso.

“Bantuan ini nantinya direalisasikan dalam bentuk training program Emo Demo (Emotional Demonstration) dan juga alat-alat yang perlu untuk modul program tersebut,” ungkapnya kepada sejumlah wartawan di Pendopo Bupati Kamis (09/05).

Masih kata Rafi Manon Rencananya, GAIN juga akan menerapkan
10 LMKM (Langkah Menuju Keberhasilan Melahirkan) yang masih dalam proses asessment di Universitas Udayana.

“Itu bantuan yang kami lakukan di semua kabupaten adalah bantuan untuk training. Dan juga alat-alat yang perlu untuk modul,” jelas laki-laki berkebangsaan asing tersebut.

Adapun dipilihnya Bondowoso dan kecamatan-kecamatan yang menjadi sasaran GAIN, kata Rafi Menon, semuanya ditentukan oleh oleh Kemenkes, Dinas Kesehatan Provinsi Jatim dan Dinkes Bondowoso.

“Kami hanya kerjasama, apa yang mereka kasih tau ke kita untuk kasih perhatikan kita kerjakan,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, di lokasi yang sama menuturkan, pihaknya akan membuat suatu regulasi bahwa proses Emo Demo ini harus dilakukan secara masif di Kabupaten Bondowoso dengan melibatkan semua stakeholder yang ada di wilayah tersebut.

“Setelah dibantu Gain, tentunnya ada target. Dengan adanya Gain kita akan membantu dari kebijakan intervensi APBD kita. Bagaimana angka stunting di Bondowoso itu harus turun. Termasuk masalah sanitasi ODF. Targetnya pokoknya harus di bawah dua digit,” pungkasnya. (*/Rois)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *