Pemkab Lumajang Akan Maksimalkan Hubungan Kemitraan Berkoperasi

  • Whatsapp

LUMAJANG,beritalima.com- Saat membuka Rapat Kerja Daerah Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Lumajang, Plt. Bupati Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M.Kes., mengungkapkan, bahwa Pemkab akan memaksimalkan hubungan kemitraan dalam mengembangkan kehidupan berkoperasi. Acara tersebut berlangsung di Hotel Lumajang, Senin, (07/05/2018).

Agenda Rakerda itu adalah Sosialisasi Fungsi dan Peran Dekopin pada gerakan koperasi dengan instansi terkait.
Hubungan kemitraan yang dimaksud Buntaran adalah, berusaha semaksimal mungkin untuk menjalin hubungan dengan mitra kerja, salah satunya dengan Dekopin.

Buntaran menghimbau kepada Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kab. Lumajang, agar bisa memberikan bantuan dana untuk Dekopin. “Insya Allah nanti bantuannya ditambah oleh pemerintah. Saya minta nanti kepala Dinas Koperasi mengurus itu, tapi ya harus prosedural dan normatif”, ungkap Buntaran.

Buntaran berpesan kepada perwakilan koperasi agar koperasi benar-benar dijalankan sesuai tujuan utamanya. “Jangan sampai koperasi digerogoti dari dalam. Koperasi itu ada untuk menghidupi dan mensejahterahkan anggotanya”, tegas Buntaran.

Sementara itu, Ketua Bidang Diklat pada Dekopinwil Provinsi Jatim, Drs. Joko Rohani Sanjaya, MM., menjelaskan bahwa Dekopin merupakan lembaga induk koperasi yang memiliki dasar hukum yang jelas. “Dekopin itu konstitusional, diatur keberadaannya oleh undang-undang, yang memiliki fungsi memperjuangkan kelompok masyarakat, serta memperjuangkan anggota,” ungkap Joko Rohani.

Joko Rohani mengajak perwakilan koperasi berpatisipasi dalam kegiatan Dekopin. “Mari kita bangun rumah besar kita, yang pertama kepatuhan anggota untuk melaksanakan kegiatan dekopin”, ajak Joko Rohani.

Di pihak lain, Pimpinan Dekopinda Kabupaten Lumajang, Imam Supardi., melaporkan kegiatan tersebut diikuti oleh 75 perwakilan koperasi simpan pinjam, koperasi wanita, koperasi unit desa dan lain-lain yang ada di Kabupaten Lumajang.
Tercatat sampai saat ini, ada sekitar 654 Koperasi di Kabupaten Lumajang, namun yang aktif sekitar 462 Koperasi.
Ia berharap nantinya Dekopin dapat bekerjasama baik dengan pemerintah maupun instansi lain untuk memaksimalkan peran-peran koperasi di Kab. Lumajang. (Jwo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *