Pemkab Sergai Gandeng PT. PJI Atasi Krisis Listrik

  • Whatsapp

Serdang Bedagai(Sumut)
beritaLima.com-Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang memiliki luas wilayah 1.913 km² dan jumlah penduduk yang cukup banyak, belakangan ini sering mengalami kekurangan ketersediaan tenaga listrik. Sering terjadi pemadaman secara bergilir di rumah-rumah masyarakat. Oleh karenanya sangat dibutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk menyelesaikan persoalan ini.
Hal ini dikemukakan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya dan Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, saat menerima audensi dari President Director PT. Pusaka Jaya International (PJI) Albert WU beserta rekannya Afrizal Indra dan Afrizal Ilyas di ruang rapat Bupati di Sei Rampah, Selasa (18/10).
Lebih lanjut dikemukakan oleh Bupati Soekirman bahwa krisis listrik yang terjadi di Sumatera Utara (Sumut) khususnya Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini bersumber dari minimnya pasokan listrik sehingga terjadi pemadaman bergilir yang berakibat pada penurunan aktivitas masyarakat.
Hal ini dirasa sangat mendesak, dengan demikian Bupati Soekirman berharap agar persoalan ini segera diatasi sehingga kedepannya Sergai terbebas dari krisis listrik. Jika hal ini sudah tercapai maka kita sudah mewujudkan program Presiden RI Joko Widodo yaitu Infrastruktur, Maritim, Energi dan Pangan (IMEP). Salah satu dari program tersebut adalah energi dimana energi ini khususnya pembangkit listrik sangat dibutuhkan oleh masyarakat.
Sebelumnya President Director Albert WU menyampaikan bahwa PT. PJI yang merupakan salah satu anak perusahaan dari PT. Pembangkit Listrik Nusantara menyampaikan kerjasamanya untuk menyelesaikan permasalahan ini yaitu dengan berinvestasi dalam bidang ketenagalistrikan khususnya pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm).
Dikemukakan Albert WU seringnya terjadi pemadaman listrik secara bergilir di daerah ini membuat hatinya tergerak untuk berinvestasi membuat pabrik PLTBm di Sergai. Adapun bahan dasar yang diperlukan seperti batok kelapa, cangkang kelapa sawit, serbuk kayu dan sekam juga bahan organik lainnya yang tidak memiliki nilai jual tinggi.
Sedangkan kapasitas yang akan dibangun dan diperuntukkan bagi masyarakat Sergai sebanyak 6×2 megawatt (MW) dimana 62 MW akan digunakan untuk keperluan internal dan 10 MW untuk keperluan masyarakat Sergai, ujar Albert WU.
Dengan mengemban misi memberikan solusi energi generasi dan engineering optimal untuk sektor publik dan swasta di Indonesia, Albert WU yakin akan memberikan pencerahan dunia energi listrik yang berkualitas tinggi di Sergai sehingga membawa dampak pada kesejahteraan masyarakat.
Sementara itu Wabup Sergai Darma Wijaya mengatakan di Kabupaten ini terdapat beberapa Pabrik Kelapa Sawit (PKS), oleh karenanya jika ada pembangunan PLTBm maka kebutuhan akan bahan bakunya dapat terpenuhi. Wabup juga mengapresiasi atas rencana pembangunan yang berdampak positif bagi keberlangsungan hidup masyarakat Sergai.
Hadir dalam audensi tersebut Asisten Ekbangosos H. Ahmad Zaki, M.AP, Staf Ahli Bupati Herman, S dan H. Darwin Sitepu, Kepala Bappeda Ir, Kaharuddin, Kadis Hutbun M. Aliuddin, Kabag Humas Drs. Benny Saragih, MM, Kakan Lingkungan Hidup Sofian, Kepala KP2TPM Radianto Panjis, Mora Saragih dan Silver Silalahi dari Radio Mora FM, Camat Tebing Syahbandar DN. Saragih, S.IP.

BSM Tawarkan Kerjasama Paket Umrah Untuk PNS

Sebelumnya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Asisten Ekbangsos Drs. H. Ahmad Zaki, M.AP dan Kabag Humas Drs. Benny Saragih, MM menerima audensi dari Bank Syariah Mandiri (BSM) yang diwakili oleh Andi Hilmawan, Emmy Setiawati Sinurat dan Yunita Sari.

Dijelaskan oleh Andi Hilmawan maksud dan tujuan kedatangannya ingin menawarkan kerjasama berupa dana talangan paket Umrah dari BSM kepada para PNS. Bagi umat islam khususnya PNS yang ingin melakukan perjalanan umrah ke tanah suci Mekkah, namun terkendala dengan dana dapat memanfaatkan program ini dengan pelunasan cicilan dalam jangka maksimal 4 (empat) tahun, ujar Andi Hilmawan.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Soekirman memberikan apresiasi terhadap program yang ditawarkan dari BSM ini. “ini merupakan produk yang sangat menarik serta atraktif karena bertujuan memudahkan masyarakat khususnya PNS Sergai untuk melakukan perjalanan ibadah, oleh karenanya kerjasama ini harus segera ditindaklanjuti” ujar Bupati Soekirman.(su/s.i)

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman tengah memberikan sambutannya saat menerima audensi dari President Director PT. PJI Albert WU di ruang rapat Bupati di Sei Rampah, Selasa (18/10).photo/su/s.i

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *