Pemkab Sergai-Polres Tebing Tinggi Tanam 5.000 Mangrove

  • Whatsapp

Serdang Bedagai(Sumut)

 

            BeritaLima.com-Guna mencegah kerusakan cagar alam dan lahan kritis serta menata lingkungan di kawasan pesisir pantai, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bersama Polres Tebing Tinggi mengadakan kegiatan Program Promoter Gerakan Inovasi Polsek Bandar Khalifah Menanam 5.000 Pohon Mangrove  bertempat di Pesisir Pantai Robok Desa Pekan Bandar Khalifah Kecamatan Bandar Khalifah, Rabu (12/10).

            Turut hadir pada kegiatan tersebut Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Kapolres Tebing Tinggi AKBP Ciceu Cahyati Dwi Meliawati, SH, MH beserta jajaran, Kadis Hutbun Ir. Aliuddin, Kabag Humas Drs. Benny Saragih, MM, Camat Bandar Khalifah Patricia Banjarnahor, S.Sos beserta Muspika, Perwakilan Pos AL Bandar Khalifah, Kepala Desa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pramuka, dan masyarakat sekitar.

            Mengawali sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Polres Tebing Tinggi khususnya kepada Kapolres bahwa pada hari ini ditempat bersejarah di muara Sei Padang dan untuk pertama kalinya di Sergai, Kapolres yang memprakarsai penanaman mangrove guna penyelamatan dan penataan lingkungan kawasan pesisir.

            Hal ini menunjukkan telah dilaksanakannya kebajikan didalam kewajiban, dimana Polri bukan saja sebagai pengayom dan pelindung masyarakat, tetapi melakukan inovasi dengan berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian lingkungan. Semoga dengan kegiatan ini dapat menggerakkan seluruh potensi yang ada dilingkungan Pemerintah, Kepolisian, TNI dan masyarakat untuk lebih peduli dan cinta lingkungan, imbuhnya.

            Mengakhiri sambutannya Soekirman berharap kegiatan ini sebagai contoh untuk semua elemen masyarakat dalam rangka melestarikan lingkungan di pesisir pantai. Dihimbau kepada Camat dan Kepala Desa agar dapat mengembangkan potensi ekowisata bahari dilokasi ini karena sangat jarang orang melihat muara yang mempertemukan sungai dengan laut serta diberdayakan sebaik mungkin melalui BUMDes guna meningkatkan perekonomian masyarakat dan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), pungkas Soekirman.

            Sebelumnya Kapolres Tebing Tinggi AKBP Ciceu Cahyati Dwi Meliawati, SH, MH menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai gerakan semangat untuk kelangsungan hidup kita, anak cucu dan generasi penerus bangsa dan berharap kerjasama dengan Pemkab Sergai dapat terus berlangsung dengan dinamis dan berkelanjutan.

            Penanaman pohon ini adalah sebagai bentuk penyerapan aspirasi masyarakat agar pada titik-titik kritis di pesisir pantai perlu ditanami mangrove guna kelangsungan hidup kita. Peduli lingkungan tidak hanya dilingkungan kerja saja, tetapi juga harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat, pungkas Ciceu.

            Penanaman 5.000 bibit pohon mangrove dan cemara dilakukan di lahan pesisir seluas lima hektare dari total lahan sekitar 15 hektar. Pada kesempatan itu juga, Bupati Soekirman memberikan nama Pantai Ciceu untuk daerah yang ditanami mangrove tersebut guna memberikan penghargaan atas prakarsa Kapolres Tebing Tinggi dalam kegiatan pelestarian alam.(sugi/beritaLima.com)

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bersama Kapolres Tebing Tinggi AKBP Ciceu Cahyati Dwi Meliawati, SH, MH, Kepala SKPD dan Muspika melakukan gerakan tanam mangrove dan cemara dikawasan Pesisir Pantai Robok Desa Pekan Bandar Khalifah Kecamatan Bandar Khalifah, Rabu (12/10).(photo/sugiono)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *