Pemkot Surabaya Rutin Gelar Baksos Layanan Terintegrasi, Ini Alasannya

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Layanan Terintegrasi serentak di 31 kecamatan di Kota Pahlawan, Jumat (22/7/2022). Masyarakat bisa memanfaatkan berbagai pelayanan, karena terdapat 17 pelayanan terintegrasi yang telah disiapkan oleh Perangkat Daerah (PD).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Nanik Sukristina mengatakan, Baksos Layanan Terintegrasi ini digelar untuk mendekatkan pelayanan Pemkot Surabaya kepada warga. Mulai dari pelayanan kesehatan, perizinan, hingga pelayanan publik lainnya.

“Seluruh warga Kota Surabaya dapat mengakses layanan sesuai wilayahnya masing-masing dengan cukup membawa KTP. Kegiatan ini juga rutin digelar setiap bulan, mulai pukul 07.00-12.00 WIB,” kata Nanik sapaan lekatnya.

Seperti pelaksanaan Baksos Layanan Terintegrasi di Kecamatan Genteng Kota Surabaya. Kegiatan ini digelar di Jalan Genteng Sidomukti (Samping Gedung Siola), dengan berbagai macam pelayanan. Seperti konsultasi kesehatan, pengobatan gratis, pelayanan PD, konsultasi KB, informasi ketenagakerjaan, layanan IMB dan SKRK, layanan adminduk, dan UMKM.

“Alhamdulillah sampai pukul 10.30 WIB, sudah 250 peserta yang telah memanfaatkan layanan kesehatan. Jika ditotal sudah mencapai 300 peserta yang memanfaatkan pelayanan publik lainnya,” ungkap Camat Genteng Muhammad Aries Hilmi.

Aries sapaan lekatnya menerangkan, bahwa antusiasme masyarakat terhadap Baksos Layanan Terintegrasi juga cukup tinggi. Mengingat lokasi pelaksanaan yang berada di tengah Kota Surabaya.

“Prinsipnya adalah selama warga Surabaya, mereka bisa memanfaatkan pelayanan tersebut. Karena tujuan Pemkot Surabaya adalah mendekatkan pelayanan kepada seluruh warga Kota Surabaya,” terangnya.

Baksos Layanan Terintegrasi tersebut rutin setiap bulan, di setiap kelurahan di wilayah Kecamatan Genteng Kota Surabaya. Untuk pelaksanaannya, pihaknya juga turut berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak, mulai PD, Kader Surabaya Hebat (KSH), PKK Kota Surabaya, BPJS Kesehatan, hingga UMKM.

“Kami juga berencana untuk menggandeng RPH maupun PDAM dan PLN di Kota Surabaya dalam gelaran Baksos Layanan Terintegrasi di bulan depan. Sebab, kami mencoba memberikan solusi terkait permasalahan masyarakat dan bisa diselesaikan dalam satu lokasi,” jelas dia.

Sementara itu, Jannah warga Jalan Genteng Kulon Kota Surabaya ikut memanfaatkan Baksos Layanan Terintegrasi yang digelar oleh Kecamatan Genteng Kota Surabaya. Menurutnya, fasilitas layanan yang disediakan sangat membantu masyarakat, khususnya pada pelayanan kesehatan.

“Lengkap sekali ya, ada layanan psikologi anak, vaksin, sampai pengobatan gratis. Tadi saya melakukan vaksin booster, setelah itu saya melakukan pengecekan gula darah, sampai saya memanfaatkan konsultasi pemeriksaan psikologi, dan semuanya gratis,” kata Jannah.

Tak hanya itu saja, Baksos Layanan Terintegrasi juga bisa dinikmati oleh warga di luar Kecamatan Genteng Kota Surabaya. Isni contohnya, warga Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya ini mencoba berbagai pelayanan kesehatan. Menurutnya, program Pemkot Surabaya ini sangat luar biasa, terutama bagi masyarakat karena bisa memanfaatkan banyak pelayanan.

“Kebetulan saya bekerja di Siola, lalu mengetahui adanya pelaksanaan Baksos dan kemudian mencobanya. Alhamdulillah sangat membantu sekali dan saya berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan oleh pemkot,” pungkasnya. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait