Pemprov Jatim Bentuk SMAN 2 Taruna Bhayangkara di Banyuwangi

  • Whatsapp
Gubernur Jatim hadiri penandatanganan kesepakatan bersama antara Gubernur Jatim dan Polri tentang peningkatan kualitas SDM pendidikan menengah di Grahadi

SURABAYA, beritalima.com – Untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang tangguh, handal dan berdaya saing, Pemprov Jatim bekerjasama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dengan membentuk SMA Negeri 2 Taruna Bhayangkara Jatim di Genteng, Banyuwangi.

Kerjasama tersebut ditindaklanjuti dengan Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemprov dalam hal ini Gubernur Jatim dengan Polri tentang Peningkatan Kualitas SDM bidang Pendidikan Menengah di Jatim, bertempat di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jum’at (22/3).

Dalam sambutannya, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, di era perkembangan teknologi saat ini pintar akademik saja tidak cukup. Namun etika dan moralitas termasuk di dalamnya kedisiplinan dan cinta tanah air juga penting. Untuk itu, dengan konsep sekolah asrama atau boarding school, maka maka nilai-nilai kedisiplinan ini akan ditanamkan kepada para siswa SMA Negeri 2 Taruna Bhayangkara.

“Kita ingin anak-anak tidak hanya pintar akademik tapi juga punya bekal karakter mencintai Indonesia lahir batin. Bangsa-bangsa besar di dunia ini tidak ditentukan sumber daya alam namun sumber daya manusianya. Jadi penting membangun sikap mental ketarunaan untuk mengokohkan semangat persatuan kesatuan,” katanya.

Menurutnya, penanaman nilai-nilai kedisiplinan merupakan investasi yang hasilnya nanti akan dirasakan oleh anak-anak sendiri. Dengan memiliki kedisiplinan tinggi, maka akan tercipta SDM yang tidak hanya berkualitas tapi juga memiliki daya saing.

Sementara itu, Asisten Kapolri bidang SDM (AS SDM Kapolri), Irjen Pol. Dr. Eko Indra Heri S., MM menyambut baik pembentukan SMA Negeri 2 Taruna Bhayangkara ini. Menurutnya sekolah tersebut merupakan pertama kalinya untuk Polri dan merupakan hal yang luar biasa. Untuk itu ia mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemprov Jatim ini sebagai bagian dalam upaya meningkatkan kualitas SDM generasi penerus bangsa.

“Melatih disiplin sangat penting, apalagi generasi saat ini dari segi kemampuan luar biasa, namun dari segi kepemimpinan dan kedisiplinan harus ditingkatkan. MoU ini sebagai upaya menjadikan anak-anak sebagai pemimpin hebat pada masanya nanti,” katanya.

Dalam acara tersebut turut dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim dengan Kepala Biro SDM Polda Jatim tentang Peningkatan Pendidikan dan Kualitas SDM dalam Penerapan Kurikulum Bela Negara dan Kesamaptaan pada SMA Negeri 2 Taruna Bayangkara Jatim di Genteng Banyuwangi.

Serahkan Bantuan Bencana Sentani, Papua

Usai melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama, Gubernur Jatim Khofifah secara simbolis menyerahkan bantuan kepada perwakilan masyarakat Papua di Surabaya. Diharapkan, pemberian bantuan tersebut bisa disalurkan kepada para korban bencana banjir di Sentani, Provinsi Papua.

“Ini bentuk dukungan kita kepada saudara kita di Papua. Kami juga sudah berkomunikasi dengan tim dari pemprov untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Sentani, seperti yang sebelumnya juga kita lakukan ke Lombok dan Sulawesi Tengah. Intinya kita akan support,” pungkasnya. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *