Pemprov Jatim dan PT KAI Daop 8 Kembali Gelar Mudik dan Balik Gratis

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Pemprov Jatim bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 8 Surabaya siap mengadakan program mudik dan balik lagi. Kedua pihak siap menggratiskan 174 perjalanan KA selama masa angkutan Lebaran Idhul Fitri tahun 2019 (1440 H).

Manager Humas Daop 8 Surabaya, Suprapto, mengatakan, program angkutan KA gratis itu akan berlangsung selama 16 hari.

“Program angkutan gratis ini berlangsung mulai H-8 lebaran atau 28 Mei 2019 hingga 12 Juni 2019 (H+6),” ujarnya, Selasa (26/3/2019).

Pihaknya mempersilakan masyarakat untuk melakukan pemesanan tiket di stasiun online yang dilewati KA Mudik Balik Gratis tersebut. Pemesanan tiket mudik balik gratis dimulai sejak pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Untuk pemesanan tiket KA Penataran, Dhoho, Tumapel dan Ekonomi Lokal, kata dia, sudah bisa dilakukan sejak H-7 atau mulai pada tanggal 21 Mei 2019. Sedangkan tiket KA Probowangi dan Tawang Alun bisa dipesan sejak H-60 atau mulai tanggal 1 April 2019.

KA Probowangi (Surabaya Gubeng-Banyuwangi) dan KA Tawang Alun (Malang – Banyuwangi) keberangkatan mudik gratis berlaku mulai 31 Mei hingga 4 Juni 2019. Sedangkan keberangkatan balik gratis berlaku mulai tanggal 7 Juni hingga 10 Juni 2019.

Adapun rincian perjalanan kereta api yang masuk program mudik balik gratis ini diantaranya untuk Arus Mudik 97 perjalanan KA dan Arus Balik 77 perjalanan KA. Total kapasitas daya angkut per hari rata-rata mencapai 11.881 tempat duduk.

Untuk pemesanan tiket di stasiun, kata Suprapto, calon penumpang wajib mengisi form pemesanan yang telah disediakan di setiap stasiun. Mereka wajib mengisi nama penumpang dan identitas penumpang.

Pihak KAI mempersyaratkan satu pemesan maksimal hanya untuk 4 tiket. Tiket yang sudah dipesan tidak bisa dibatalkan atau ditunda atau dialihkan kepada orang lain.

Tiket KA mudik dan balik gratis ini juga tidak bisa dipesan melalui aplikasi KAI Access, internet maupun chanel eksternal lainnya.

“Program mudik dan balik gratis ini merupakan wujud keperdulian dan perhatian dari Pemerintah Jawa Timur dalam rangka melayani kebutuhan masyarakatnya,” ujarnya.

Pihak PT KAI Daop 8 Surabaya, menyambut kerjasama ini untuk mewujudkan program pro kerakyatan. Pihaknya berharap masyarakat bisa memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *