Pemprov Jatim Dukung Desa Wisata Jadi Lebih Kreatif dan Inovatif

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Memerintah Provinsi (Pemprov) Jatim mendukung pengembangan desa wisata di seluruh kabupaten/kota untuk lebih kreatif dan inovatif, sehingga semakin menarik minat pengunjung.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak di seminar nasional tentang pariwisata di Universitas Airlangga (Unair) Sabtu (16/11) mengajak akademisi muda, khususnya yang bergerak di bidang pariwisata, untuk mendukung program pemerintah dalam mengembangkan desa wisata.

“Dukungan akademisi muda dibutuhkan pemerintah dalam memajukan desa wisata di seluruh daerah sehingga menjadi salah satu daya tarik wisatawan berkunjung ke Jawa Timur,” tuturnya.

Pengembangan desa wisata lanjut Wagub, harus berkelanjutan dan tidak harus soal pariwisatanya saja, tapi juga menjaga ekosistem alam di sekitarnya.‚ÄĚSebagian besar Banyak desa wisata mengandalkan alam sebagai daya tarik, karena itu harus dijaga ekosistem alam jangan sampai rusak,” imbuhnya.

Selain kekayaa alam, sumber daya manusia juga menjadi penentu kelanjutan desa wisata. Dengan komunikasi yang baik antara warga desa, pemerintah kabupaten/kota, hingga pemerintah provinsi maka pengembangan kawasan ini bisa dicapai “Desa wisata diharapkan bisa menjadi roda penggerak perekonomian warga dan meningkatkan potensi desa,” harap Emil.

Lebih lanjut dikatakannya, mengubah, desa menjadi desa wisata tidak semata-mata mengganti sebutan saja, namun diperlukan konsep, dan pengaturan potensi yang dimiliki.

www.beritalima.com

“Ada desa yang cocok untuk kawasan agrowisata, wisata pantai, budaya atau kulinernya, semua bisa jadi kekuatan yang bisa dikembangkan,” ungkapnya. (hjr)

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *