Pemprov Jatim Kembali Gelar Program Mudik Gratis, Pendaftarannya Dibuka Secara Online Mulai Hari Ini

  • Whatsapp

Caption: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat memberangkatkan pemudik gratis.

SURABAYA, beritalima.com|
Pemprov Jawa Timur kembali menyediakan fasilitas mudik gratis bagi masyarakat. Bahkan, masyarakat sudah bisa mendaftarkan diri dalam program mudik gratis Pemprov Jatim mulai hari ini, Senin (27/3/2023).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, ada sebanyak 161 armada Bus yang telah disiapkan dalam mudik gratis ini. Sebanyak 161 armada bus itu akan diberangkatkan dari Surabaya menuju ke 17 kabupaten/kota tujuan di Jawa Timur.

Tidak hanya itu, Pemprov Jatim juga menyediakan mudik gratis dengan menggunakan 1 Kapal Laut bagi masyarakat kepulauan. Kapal tersebut bisa menampung 2.400 penumpang dan mengangkut 400 motor lebih dengan rute Jangkar-Raas.

“Mulai hari ini, tanggal 27 Maret s.d 10 april 2023 melalui alamat website mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id masyarakat bisa mulai mendaftarkan diri secara online. Kami menyiapkan 161 Armada Bus untuk Mudik Gratis, 400 Kendaraan Motor siap diangkut dan Kapal Laut bagi masyarakat di wilayah Kepulauan,” ungkapnya di Gedung Negara Grahadi, Senin (27/3/2023).

Khofifah mengungkapkan, sebelum melaksanakan pendaftaran online masyarakat harus memenuhi sejumlah persyaratan pendaftaran, diantaranya dengan mengirimkan fotokopi KTP dan KK secara online, serta sudah vaksin booster.

“Pemberangkatan mudik gratis untuk area Jawa Timur akan dimulai pada tanggal 19 April 2023 dan diberangkatkan di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Jl. Ahmad Yani 268 Surabaya,” tegasnya.

Lebih lanjut Khofifah merinci, jumlah armada yang berangkat pada tgl 19 April 2023 sebanyak 90 Bus dengan tujuan di 20 Kab/Kota.

Adapun jurusan atau rute Mudi Gratis diantaranya Surabaya- Madiun, Surabaya-Magetan, Surabaya-Ponorogo, Surabaya- Nganjuk, Surabaya-Tulungagung, Surabaya-Blitar, Surabaya- Trenggalek, Surabaya-Bondowoso, Surabaya-Pacitan, Surabaya-Jember. Selain itu, juga Surabaya- Malang-Blitar, Surabaya- Banyuwangi, Surabaya-Ngawi, Surabaya-Tuban, Surabaya-Sumenep, Surabaya-Bojonegoro.

“Total bus antar Kab/Kota di Jatim yang akan diberangkatkan dari Kantor Dishub Jatim sebanyak 90 Armada,” ujarnya.

Selain itu, Pemprov Jatim juga akan menyiapkan mudik gratis bagi masyarakat asal Jatim yang tinggal dan bekerja di Ibukota Jakarta sebanyak 34 bus, dimana sebanyak 20 bus akan diberangkatkan pada tanggal 18 April menuju Jatim dari Jakarta, yang tepatnya dari anjungan Jawa Timur TMII Jakarta serta armada bus balik gratis dari Jatim menuju ke Jakarta sebanyak 14 bus.

“Kami juga akan menyiapkan armada bagi saudara kita yang berada di Ibukota Jakarta dengan 34 bus Mudik Balik Gratis yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 April 2023 bertempat di Anjungan Jatim TMII Jakarta,” tegasnya.

Sementara itu, demi memperluas sasaran masyarakat yang ingin melaksanakan Mudik Gratis, Pemprov Jatim juga memberikan bantuan mudik gratis kepada stakeholder sebanyak 37 bus. Harapannya, masyarakat bisa memanfaatkan mudik gratis ini untuk berkumpul dengan keluarga ditengah pemulihan ekonomi pasca Pandemi.

“Tahun ini diprediksi akan menjadi Hari Lebaran Idul Fitri yang begitu hangat dan berkumpul bersama keluarga di Kampung halaman ditengah pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19,” jelasnya.

Mudik Gratis Kapal Laut, lanjut Khofifah juga dipersiapkan untuk mengangkut masyarakat yang tinggal di Kepulauan Raas Sumenep Madura.

Pemprov Jatim mempersiapkan Rute Pelabuhan Jangkar menuju Pulau Raas dengan jumlah retase 6 kali Pulang Pergi dengan daya tampung penumpang sekitar 2.400 penumpang menggunakan Kapal KMP. Wicitra Dharma I.
Khofifah menegaskan, bagi yang ingin mendaftar, pendaftaran akan dibuka pada tanggal 1 sampai dengan 20 April 2023 secara offline dengan jadwal mudik P. Jangkar-Raas PP pada tanggal 16,18,20 april 2023. Sedangkan, rencana jadwal balik dari Pulau Raas – Pelabuhan Jangkar PP pada tanggal 26 April, 29 april dan 2 mei 2023.

“Kami memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mudik di Pulau Raas dengan langsung mengunjungi loket operator PT. DDU di Pulau Raas dan pelabuhan Jangkar,” urainya.

Tahun ini, Khofifah menuturkan, ada inovasi untuk mengurangi serta mengurai kemacetan di Jalan Raya dengan mengangkut sepeda motor melalui Mudik Gratis Sepeda motor. Adapun Mudik Gratis Sepeda Motor ini pemberangkatan akan dilaksanakan pada tanggal 18 April 2023 tempat dari Kantor Dishub Jatim dengan tujuan Madiun, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Jember dan Banyuwangi.

“Kami juga mempersiapkan Mudik Gratis Sepeda Motor yang mengakomodir masyarakat yang ingin tetap mudik dengan membawa motornya. Maka kita siapkan kendaraan untuk pemudik dan mengangkut 400 kendaraannya demi mengurangi kepadatan dan mengurai kemacetan di Jalan. Semoga seluruh ikhtiar ini bisa menghadirkan Libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H dengan aman, nyaman dan bisa urai kemacetan selama gelaran mudik tahun 2023,” tutupnya. (Yul).

beritalima.com

Pos terkait