Pemprov Jatim Laksanakan Upacara Sumpah Pemuda 27 Oktober 2017

  • Whatsapp
Plt. Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim Drs. Benny Sampirwanto, MSi

SURABAYA, beritalima.com – Seluruh instansi di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 Tahun 2017 pada hari Jumat, tanggal 27 Oktober 2017. Pelaksanaan itu lebih maju satu hari dari tanggal seharusnya, yakni 28 Oktober.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Jatim, Drs. Benny Sampirwanto, M.Si ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (26/10).
Benny mengatakan, alasan dimajukannya upacara itu sudah sesuai dengan Surat Edaran MENPORA RI Nomor 10.13.1/MENPORA/X/2017 perihal petunjuk pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 89 Tahun 2017 tanggal 28 Oktober 2017.

Disebutkan dalam poin pertama surat edaran tersebut, diperbolehkan melaksanakan upacara bendera di instansi masing-masing pada hari Sabtu, tanggal 28 Oktober 2017 atau hari kerja sebelum/sesudahnya. ”Selain itu, pada tanggal 28 Oktober 2017 juga direncanakan Wakil Presiden RI berkunjung ke Jatim” kata Benny.

Ditambahkan, Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 Tahun 2017 Tingkat Provinsi Jatim pada 27 Oktober 2017 besok akan dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, bertempat di halaman Gedung Negara Grahadi, Jl. Gubernur Suryo No 7 Surabaya.
Sedangkan untuk pelaksanaan upacara di tingkat pemerintah kabupaten/kota, Pemprov Jatim mempersilahkan upacara dilakukan pada tanggal yang sama, yakni 27 Oktober 2017 atau hari kerja sesudahnya, yaitu pada tanggal 30 Oktober 2017.

Selain ketentuan hari pelaksanaan upacara, lanjut Benny, dalam surat edaran Menpora RI memerintahkan untuk menjadikan bulan Oktober sebagai bulan Pemuda yang berisikan kegiatan-kegiatan kepemudaan yang mengarah kepada penumbuhkembangan semangat persatuan dan kesatuan
Kemudian, dalam pelaksanaan upacara juga harus melibatkan organisasi kepemudaan, pramuka, satuan pendidikan baik umum maupun keagamaan dan unsur kepemudaan lainnya.

Karena itu, dalam upacara besok Pemprov Jatim akan melibatkan berbagai unsur kepemudaan, diantaranya, masing-masing 1 kompi kadet Taruna AAL, Resimen Mahasiswa Mahasurya Jatim, Poltekbang Surabaya, Gerakan Pramuka Gudep Pangkalan, l.DPD HIMA Kosgoro Jatim, SMA 1 Hang Tuah Surabaya, SMK KAL 2 Surabaya, PMR SMA IPIEM Surabaya, Pemuda Panca Marga Jatim, dan 3 Pleton Gabungan PTN/PTS se-Surabaya.

Gubernur Beri Penghargaan

Dalam rangkaian upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda besok, Gubernur Jawa Timur akan memberikan penghargaan kepada para bupati/walikota dan para pemuda-pemudi berprestasi asal Jatim. Adapun penghargaan tersebut diantaranya, sepuluh Kategori Warisan Budaya Tak Benda, lima orang Kategori Pemuda Pelopor Provinsi Jatim empat orang Kategori Penghargaan Tingkat Nasional dan Internasional, dua orang kategori pemenang drum band Tingkat Provinsi Jatim, serta tiga orang pemenang lomba karya tulis ilmiah. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *