Pendaftaran Dibuka, AEE Sediakan Informasi Prodi, Beasiswa Hingga Golden Tiket

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Pendaftaran Airlangga Education Expo (AEE) 2024, sebuah pameran pendidikan tahunan terbesar Universitas Airlangga (Unair), telah resmi dibuka. Gelaran akbar tersebut nantinya akan berlangsung di Gedung Airlangga Convention Center Kampus MERR-C Unair pada Kamis-Sabtu (1-3/2/2024).

Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair Dr Achmad Solihin SE MSi pada Selasa (16/1/2024) mengatakan bahwa banyak kegiatan yang akan berlangsung di acara pameran pendidikan tersebut. Misalnya, talkshow, information booth, info session, performance, hingga golden ticket sebagai senjata besar agar lolos seleksi di Unair.

“Setiap fakultas yang ada di Unair membuka booth di sana. Para pengunjung bisa bertanya langsung pada fakultas yang ada terkait program studinya. Selain itu, ada juga info session dan talkshow untuk memberikan gambaran terkait proses pembelajaran di Unair, tips lolos, dan sebagainya,” ungkapnya.

Pendaftaran AEE

Ada dua cara pendaftaran yang bisa siswa lakukan, yakni mendaftar individu dan juga secara kolektif melalui sekolah. Keduanya bisa mendaftar melalui laman resmi AEE 2024 atau mendaftar secara langsung saat kegiatan berlangsung.

“Biasanya, ada sekolah tertentu yang mengkoordinir untuk berkunjung ke AEE. Nanti, (sekolah, Red) akan mengkoordinir dan mendaftarkan siswanya meskipun yang individu kita tanyakan asal sekolahnya dari mana,” ujarnya.

“Sehingga, peserta bisa mendaftar dan membuat akun secara kolektif melalui sekolah atau mungkin juga membuat akun secara individu,” sambung Solihin.

Menurutnya, sayang sekali apabila para siswa harus melewatkan kesempatan emas ini. Selain karena pendaftarannya gratis, AEE ini juga menjadi salah satu syarat untuk bisa mendapatkan golden ticket dari Unair.

Golden Ticket

Perihal golden ticket, Solihin menyampaikan jika akan ada tiga kategori prestasi yang berpeluang untuk mendapatkan golden ticket. Secara rinci, ketiganya adalah siswa berprestasi akademik, organisasi, dan juga penghafal kitab suci.

“Siswa yang mempunyai prestasi akademik, misalkan juara olimpiade, baik nasional maupun internasional. Lalu prestasi kepemimpinan organisasi, jadi golden tiket untuk para ketua umum OSIS. Kemudian prestasi non-akademik lainnya, misalkan penghafal kitab suci, baik itu penghafal kitab suci Al-Qur’an, Bibel, dan sebagainya,” jelasnya.

Nantinya, panitia akan melakukan seleksi kepada pendaftar golden ticket tersebut dan memutuskan siapa yang berhak menerimanya. Tidak semua siswa dapat mendaftar golden ticket dan ada syarat tertentu yang harus mereka miliki.

“Pertama adalah yang bersangkutan eligible dalam SNBP. Kedua, program studi pilihan pertamanya di SNBP adalah program studi yang ada di UNAIR. Dan yang ketiga, syaratnya adalah mereka mengikuti rangkaian kegiatan dari AEE ini atau mempunyai akun dalam AEE ini,” paparnya.

Selain itu, untuk menyemarakkan kegiatan AEE 2024 Unair juga mengadakan kompetisi menarik dan berhadiah. Peserta dapat mengikuti lomba Reels dan TikTok Challenge dengan tema “My Journey to Unair.”

Setiap peserta dapat berpartisipasi pada salah satu atau kedua kompetisi tersebut dengan menggunakan tagar #ReelsAEE2024 atau #TikTokAEE2024. Durasi maksimal dari karya adalah 60-90 detik dengan batas waktu pengumpulan pada Rabu (31/1/2024).

Berikut link Pendaftaran Lomba: https://bit.ly/LombaAEE2024

beritalima.com

Pos terkait