Penerangan Kostrad Gelar Penataran Siber

  • Whatsapp

Pada era globalisasi saat ini, perkembangan teknologi komunikasi khususnya internet yang berhubungan dengan dunia Siber dewasa ini sudah merambah ke berbagai aspek kehidupan masyarakat kita, baik politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan. Sehingga secara tidak langsung menuntut kita sebagai prajurit Kostrad untuk selalu siap sedia, baik secara pengetahuan maupun keterampilan agar tidak ketinggalan dengan lajunya perkembangan teknologi komunikasi tersebut.

Karena itu, setiap prajurit harus memahami dan menguasai teknologi informasi itu, termasuk di dalamnya teknologi Siber. Dengan begitu, kita akan memiliki daya tangkal terhadap ancaman, gangguan dan hambatan serta tantangan yang semakin kompleks.

“Apabila kita menguasai teknologi Siber, maka ancaman, gangguan, hambatan, tantangan yang semakin kompleks akan dapat diatasi dengan baik,” terang Asisten Intelijen Kaskostrad Kolonel Inf Bayu Permana dalam amanat yang dibacakan Pamen Ahli Gol IV Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kolonel Inf Drs. Heru Dwi Wahana, M.Sc saat membuka penataran Siber jajaran Kostrad, bertempat di ruang Mandala, Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (25/03/2019).

Lebih lanjut Asisten Intelijen Kaskostrad Kolonel Inf Bayu Permana mengatakan, penataran ini merupakan langkah percepatan untuk membentuk kader prajurit Siber yang handal. tidak hanya itu, penataran ini juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan IT baik dari segi kuantitas dan kualitas, meningkatkan citra satuan, meminimalisasi kesalahan pemberitaan, sebagai agen/kontributor pemberitaan di satuan. selain itu Siber dapat bertujuan untuk membentuk opini positif dan melakukan counter opini.

Peserta penataran menyimak dengan seksama semua materi yang disampaikan tim penatar serta menggunakan waktu secara efektif dan efisien agar mendapatkan pemahaman yang komprehensip. Di samping itu, peserta hendaknya tidak segan-segan menanyakan hal-hal yang belum dimengerti, agar mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang intisari dari seluruh materi penataran, sehingga tidak ragu dalam melaksanakan tugas di satuan masing-masing.

Asisten Intelijen Kaskostrad Kolonel Inf Bayu Permana berpesan kepada tim penatar agar memberikan bekal pengetahuan, teori praktis dan informasi perkembangan teknologi komunikasi serta Siber kepada peserta, sehingga peserta penataran mampu memahami, mengerti dan dapat menyerap materi yang disampaikan agar dapat diaplikasikan untuk mendukung tugas pokok Kostrad.

Penataran diikuti oleh 50 personel dari perwakilan satuan jajaran kostrad baik Markas Kostrad, jajaran Divif 1 Kostrad, jajaran Divif 2 Kostrad maupun jajaran Divif 3 Kostrad.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *