Pengaruh Kafein Terhadap Konsentrasi

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Temanku seorang jurnalis sebuah koran yang beroplah besar,sehari mungkin minum kopi ada 10 gelas katanya kopi mengandung kafein yang bisa menghilangkan kantuk dan menimbulkan inspirasi untuk menulis, lain hal dengan Pak Sysmsuddin seorang penjaga keamanan lingkungan atau dikenal dengan nama Satpam, dia hobby minum kopi sehwri memghabisi sebanyak 6 gelas katanya minum kopi tak bisa kantuk kalau dia sedang piket malam,berbeda dangan Budi yang tugas sebagai pelajar SMA doyan minum kopj karena tak bisa kantuk,konon kopi mengandung kafein ,kalau mau ujian maka minumlah segelas kopi mendampimgi untuk belajar, konon minum kopi ini merupakan tradisi bagim9rang ysng mau bergadsng di malam hari….

Kopi sering kali dikonsumsi sebagai solusi untuk menghilangkan kantuk dan meningkatkan konsentrasi.
!Namun, ada beberapa efek samping kopi yang perlu diwaspadai, terlebih jika Anda berlebihan dalam mengonsumsinya.Jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai, yaitu tidak lebih dari 2–3 cangkir per hari, kopi umumnya aman bagi orang dewasa dan tidak merugikan kesehatan.Namun, efek samping kopi dapat muncul jika kopi dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih, yaitu lebih dari 4 cangkir kopi per hari.Terlalu banyak atau terlalu sering mengonsumsi kafein, lama-kelamaan dapat menimbulkan efek samping yang disebut caffeinism.
1. Menimbulkan kecemasan
2. Insomnia
3. Denyut jantung menjadi cepat
4. Gangguan pencernaan
5. Tekanan darah tinggi

Siapa yang tidak mengenal kopi? Minuman dengan cita rasa dan aroma khas ini memang sudah populer sejak dahulu. Tren minum kopi semakin meningkat seiring banyaknya kedai kopi di berbagai tempat.
Menurut Databoks, diketahui konsumsi kopi domestik di Indonesia terus meningkat sejak 2014 hingga 2019. Bahkan, periode 2018 – 2019 konsumsi kopi domestik mencapai 4.800 kantong berkapasitas 60 kilogram (kg).Hal itu membutikan, kopi menjadi minuman yang banyak dikonsumsi. Meskipun memiliki banyak manfaat, namun mengonsumsi kopi berlebihan bisa menyebabkan efek samping bagi kesehatan. Apa saja efek samping minum kopi? Mari kita bahas……..

SIDE EFEK MINUM KOPI :
1. Menyebabkan tulang keropos
2. Berpotensi meningkatkan gangguan kecemasan dan panik
3. Gangguan kesuburan
4. Meningkatkan risiko keguguran
5 Gangguan dan kerusakan struktur sperma
6.Menurunkan kualitas dan jumlah sperma
7.Pemicu radikal bebas

BAHAYA MINUM KOPI BERLEBIHAN
1. Menggangu aktivitas harian
2. Pemicu asam lambung
3. Meningkatkan risiko penyakit jantung
4. Menyebabkan masalah gigi
5. Menimbulkan ketergantungan kafein
6. Meningkatkan tekanan darah
7. Membuat gigi kuning dan rentan berlubang
8. Sering buang air kecil
9. Merusak otot
10. Meningkatkan pengeroposan tulang
11. Menghambat penyerapan zat besi

GEJALA KECANDUAN CAFFEIN
1. lelah,
2. kekurangan tenaga,
3. penurunan kewaspadaan,
4. pikiran tak jernih,
5. kantuk,
6. sulit konsentrasi, dan
7. mudah tersinggung serta perubahan mood.
Demikian sekilas info, semoga bermsnfazt
RobertoNews 1545《13.9.22(06.15)》
• Praktisi Dokter & Penulus Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait