Penggunaan DD desa Tuada Semasa Pjs, dipertanyakan Warga

  • Whatsapp

JAILOLO,BeritaLima.com – Realisi penggunaan Dana Desa (DD) desa Tuada Kecamatan Jailolo, tahun anggran 2019 yang dianggarkan berkisar 700 juta lebih,patut dipertanyakan.Ini mengingat realisasi  potensi yang bakal menjadi sisa anggaran pelaksanan kegiatan(Silpa) hingga saat ini tak kunjung ada kejelasan melalui laporan pertanggung jawaban  secara resmi oleh mantan Pjs Kades Tuada Darmin Hamidi yang juga tercatat sebagai Bendahara Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa(DPM-PD) Kabupaten Halmahera Barat.Sementara dilain pihak, jabatan selaku Pejabat sementara(Pjs)telah berakhir pasca pelantikan Kades Tuada defenitif Sanif Husen,yang dilantik beberapa waktu yang lalu di Kantor Camat Jailolo.

Informasi yang dihimpun,potensi silpa yang bersumber dari DD tahun 2019 itu mencapai 270 juta,yang diduga diselewengkan.Bukan hanya itu,sejumlah kegiatan fisik diantaranya jalan lingkungan,serta jalan evakuasi yang menelan anggaran kurang lebih 600 juta hingga saat ini tak kunjung tuntas, Jumat, (8/05/2020).

“Sisa kelebihan yang menjadi potensi silpa ini,sempat kami tanyakan,namun penjelsan dari mantan Pjs Kades,katanya kas desa kosong.Otomatis anggaran tersebut diduga sudah digelapkan.Sementara realiasi penggunnaan anggaran setiap kegiatan secara jelas tercantum dalam dokumen APDes maupun RAB,”beber warga yang enggan namanya di publis.

Kades Tuada,Sanif Husen yang dikonfermasi wartawan mengaku,pasca dilantik,dirinya sendiri bahkan belum menerima laporan secara resmi terkait penggunaan dana desa tahun anggaran 2019.

“Sebelum sertijab mestinya sudah ada laporan secara resmi yang disampaikan.Karena belum ada laporan pertanggung jawaban,otomatis penetapan anggaran baru juga belum bisa dilakukan.Olehnya itu,tentunya ini juga sudah katagori temuan,”terang Sanif Husen.

Terkait dengan potensi sisa lebih penggunaan amggaran (silpa),yang tak kunjung ada kejelasan,dia mengakui persoalan tersebut dikembalikan ke Badan Pemusyawaratan Desa(BPD).

“intinya soal ini dikembalikan ke BPD untuk dipertanggung jawabkan sisa anggaran,”tambahnya.

Sementara itu,mantan Pjs Kades Tuada Darmin Hamidi yang disambangi wartawan di kantor DPM-PD tidak berada ditempat.Demikian halnya ketika disambangi dikediamnya di Desa  Soakonora ,Jailolo,kediamnya tampak sepi,dan  tidak ada  penghuni.(Ay)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait