Peningkatan Ekonomi Masyarakat, Manfaatkan Limbah Kayu Dalam Program CSR di PT BSI

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Program coperate sosial responcibility, PT Bumi Suksesindo, untuk pemanfaatan limbah kayu menunjukkan kemajuannya. Program tersebut ditangani oleh, Rusdi, salah seorang warga Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Senin, 31 Oktober 2022.

Saat ini, rumah tempat produksi milik Rusdi, telah dilengkapi dengan peralatan modern berupa gergaji selendang pembelah kayu mentah (gelondongan) menjadi kayu bentuk jadi seperti papan dan balok kayu.

Bacaan Lainnya

Selain itu, dalam melaksanakan kegiatan pekerjaannya ini, banyak tenaga kerja yang terlibat, yang dengan kata lain, banyak menyerap tenaga kerja,” Ada sekitar 53-60 orang yang terlibat bekerja,” katanya.

Kayu olahan yang dihasilkannya selama ini banyak dimanfaatkan untuk mendukung program perusahaan seperti bedah rumah yang hingga kini masih terus berlanjut.

Selain itu, masih menurut Rusdi, banyak permintaan bantuan pembuatan meja kursi dari lembaga-lembaga pendidikan, dan tempat pendidikan Alquran di musala-musala maupun masjid.

Untuk mendukung program bedah rumah pada tahap pertama, semua kebutuhan kayu untuk pembuatan kusen, cendela, pintu dan kerangka atap, pihaknya yang menyiapkan.

Ada 10 rumah tidak layak huni dibedah oleh perusahaan yang pelaksana kegiatannya juga dilakukan oleh masyarakat atau kelompok masyarakat dari lingkungan setempat.

“Ini adalah program pemberdayaan dari masyarakat ,untuk masyarakat dan oleh masyarakat,” kata Rusdi.

Jelasnya, program tersebut menurutnya, berawal dari usulan masyarakat, dan penerimanya juga masyarakat, lalu untuk pelaksana pekerjaannya juga dari warga masyarakat.

Posisi perusahaan menurutnya menyetujui direalisasikannya program tersebut, dan bertanggungjawab terhadap pembiayaannya.

Dalam mengembangkan usahanya ini, Rusdi mengaku tidak terlepas dari kendala yang ada. Kiriman kayu dari perusahaan terkadang tersendat sehingga para pekerja harus diberikan inovasi untuk menangani pekerjaan yang lain supaya tidak menganggur,

” Pusing juga Saya kadang-kadang, tapi ya harus bersabar,” Keluhnya,

Rusdi adalah salah satu sosok pemuda yang pada mulanya getol mengkritisi kebijakan-kebijakan perusahaan yang dirasa kurang pas dan tidak pro terhadap masyarakat.

Berkat komunikasi baik antara management perusahaan dengan dirinya, kini Dia lebih memilih memposisikan dirinya terlibat langsung dalam menjalankan program -program perusahaan agar dapat memberikan manfaat bagi banyak orang.

” Dengan program yang saya jalankan, banyak yang terlibat bekerja. dengan demikian mereka mendapat penghasilan untuk menunjang perekonomianya,”pungkasnya. (bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait