Peran Suntik STEMCELL Dalam Kehidupan

  • Whatsapp
Dr. dr. Robert Arjuna MD PhD

Oleh:
DR.dr.Robert Arjuna FEAS*
Dunia kesehatan semakin hari semakin maju,terutama dalam segi penanganan penyakit.
Sebuah inovatif baru dalam dunia kedokteran selalu mencari hal baru dari hari ke hari
rupanya sebuah penelitian baru menyebutkan bahwa peran stemcell or sel punca sangat berperan dalam pengobatan Penyakit Diabetes , kanker. tulang bengkok, cedera sumsum tulang belakang, kanker allergi stroke Arthritis gagal Jantung, Parkinson, Alzheimer Penyakit mata dll maka orang berbondong bondong ke RS untuk suntik Stemcell sebagai contoh bahwa Bu Maria sakit Diabetes udah puluhan tahun, dia suntik stemcell diharapkan bisa ada perbaikan,pak Udin yang selama ini allergi makanan diharapkan bisa sembuh,Pak Syamsul karena stroke disuntik Stemcell diharapkan sembuh kembali karena Stemcell mempunya manfaat guna bagi kesehatan kita,apa ini benar ?

APA ITU STEMCELL
Terapi sel punca adalah penggunaan sel induk untuk mengobati atau mencegah penyakit atau kondisi tertentu. Terapi sel induk disebut pula terapi sel induk, transplantasi sel, a sitoterapi. Melalui terapi ini, dapat dibentuk jaringan baru untuk menggantikan sel-sel yang rusak yang menyebabkan kerusakan organ

Terapi stem cell atau sel punca adalah salah satu pengobatan menjanjikan, yang dapat membantu memulihkan sel-sel tubuh yang rusak akibat penyakit berat T erapi stem cell dinilai sebagai prosedur pengobatan yang paling menjanjikan di dunia kedokteran saat ini. Terapi ini diyakini dapat mengatasi berbagai penyakit yang sulit disembuhkan. Stem cell adalah sel induk yang mempunyai kemampuan untuk memperbanyak diri dan berubah menjadi berbagai jenis sel. Sel punca adalah satu-satunya sel dalam darah yang mampu meregenerasi tipe sel baru. pengobatan menggunakan stem cell menjadi suatu terobosan yang berpotensi menyembuhkan berbagai penyakit berat, seperti penyakit kronis, penyakit degeneratif, dan penyakit autoimun.

Journal of American Medical Association ” melaporkan bahwa para dokter ahli di Brazil melakukan terapi stem cell terhadap 15 orang penderita Diabetes I : terdapat 13 orang berhasil mengatasi ketergantungannya terhadap insulin, juga tidak lagi tergantung pada obat-obatan. Pasien pertama yang menjalani terapi ini sudah berhenti dari insulin selama 3 tahun hingga saat ini.

Stem cell adalah sel biologis yang merupakan jejak utama DNA. mereka dapat meremajakan diri dan menghasilkan lebih banyak sel yang berguna sebagai sumber pembentuk sel baru. Tak hanya itu, stem cell juga bertugas dalam memastikan setiap sel rusak diganti dengan sel yang baru.

Sel bertugas dalam mengatur dan mengolah semua informasi yang masuk ke dalam tubuh, sehingga tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Sel sendiri merupakan partikel terkecil dalam struktural dan fungsional kehidupan manusia. Tubuh manusia terdiri dari sistem organ yang dibentuk oleh jaringan, sedangkan sel merupakan pembentuk jaringan itu sendiri sebagai penyusun dasar tubuh manusia.

Stem cell bisa disebut sebagai “pabrik” dari sel-sel apapun dalam tubuh manusia. Karena fungsinya sebagai “pabrik sel”, fungsi tersebut kemudian dimanfaatkan oleh dunia kedokteran untuk menyembuhkan beragam penyakit dengan melakukan terapi yang dapat menciptakan jaringan, organ, serta sel baru dalam tubuh. Terapi stem cell sendiri memungkinkan peserta sembuh dari penyakitnya.

JENIS JENIS STEMCEL :
1. Stem Cell Embrionik :Sel punca ini diambil dari embrio yang berusia 3-5 hari. Embrio adalah sel yang terbentuk saat sel telur wanita dibuahi oleh sperma pria.Sel embrionik ini bersifat pluripoten, yang berarti mampu memperbanyak diri atau berkembang menjadi jenis sel apa pun dalam tubuh. Hal ini memungkinkan stem cell embrionik digunakan untuk memperbaiki jaringan atau organ tubuh yang rusak.

1. Stem Cell Dewasa :Jenis stem cell ini ditemukan dalam jaringan tubuh orang dewasa, seperti sumsum tulang. Stem cell dewasa memiliki kemampuan yang lebih terbatas untuk bisa berkembang menjadi berbagai jenis sel dalam tubuh.

1. Sel Dewasa Biasa yang Dimodifikasi jadi Stem Cell Embrionik :Para peneliti berhasil mengubah sel dewasa biasa menjadi sebuah stem cell melalui teknologi genetic reprogramming. Sel dewasa tersebut diprogram ulang agar memiliki sifat yang sama seperti sel punca embrionik.

1. Stem Cell Perinatal :Peneliti menemukan bahwa sel punca yang terkandung dalam cairan ketuban dan tali pusat juga memiliki kemampuan untuk berkembang jadi berbagai tipe sel.

PERAN STEMCEL TERHADAP KESEHATAN
1. Kanker
2. Stroke
3. Kebutaan
4. Diabetes
5. Parkinson
6. Alzheimer
7. Gagal jantung
8. Luka bakar luas
9. Pengapuran sendi
10. Penyakit autoimun
11. Amyotrophic Lateral Sclerosis
12. Kelumpuhan saraf tulang belakang
13. Patah tulang yang tidak tersambung

Satu-satunya terapi stem cell yang sudah dilakukan dan disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA), Amerika Serikat adalah transplantasi sel punca hematopoietik (darah). Terapi sel punca hematopoietik digunakan untuk mengobati pasien dgn kanker & gangguan yang memengaruhi darah dan sistem kekebalan tubuh. Transplantasi menggunakan sel punca dewasa atau darah tali pusat.

Autologous: Sumber stem cell berasal dari diri sendiri dan Alogenik: Sumber stem cell berasal dari orang lain Stem cell yang berasal dari darah tali pusat dianggap yang paling aman. Sel tersebut diambil ketika bayi baru saja dilahirkan. Pengambilannya dibantu oleh dokter kandungan, selanjutnya proses pengolahannya dilakukan oleh bank darah tali pusat.

Sebelum ditransfusikan untuk perbaikan jaringan yang sakit atau terluka, sel punca akan disimpan terlebih dulu di laboratorium. Kemudian sesegera mungkin ditanamkan ke jaringan yang rusak agar stem cell tidak mati. Pada pasien dengan penyakit jantung misalnya, sel punca akan ditanamkan ke otot jantung untuk memperbaiki otot yang rusak.

ADA BEBERAPA MANFAAT NYATA STEMCEL DIANTARANYA
1. Regenerasi jaringan :Salah satu manfaat dari terapi ini adalah memperbaiki jaringan dengan cara membuatnya dapat beregenerasi.Jika seseorang yang mengalami kekurangan organ donor, sel punca bisa berdiferensiasi sehingga mampu menumbuhkan jenis jaringan atau organ tertentu.
2. Pengobatan penyakit kardiovaskular : Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari tindakan penanaman sel punca adalah dapat mengatasi beberapa penyakit kardiovaskular.
3. Mengatasi penyakit otak :Dokter juga dapat menggunakan tindakan stem cell untuk mengatasi penyakit otak, seperti Parkinson dan Alzheimer. Sel punca dapat mengisi kembali jaringan otak yang rusak. Bahkan, tindakan pengobatan ini cukup efektif untuk dilakukan dengan tingkat kesembuhan yang cukup tinggi.

Peran stemcell terhadap Kesehatan :
1. Stem cell tentu memiliki peran penting dalam tubuh, karena mereka akan aktif ketika ada sel-sel dalam tubuh yang mengalami kerusakan fungsi. Ketika hal tersebut terjadi, stem cell bertugas untuk mengganti dengan sel-sel yang baru.
2. Peran utama stem cell secretome sebagai modulator neurogenik telah banyak dikaji belakangan ini. NSC dan MSC ternyata mampu menghasilkan faktor pertumbuhan yang dapat mempromosikan regenerasi dan pemulihan jaringan saraf yang rusak
3. Selama menggunakan terapi stem cell, lebih dari separuh peserta mengaku bisa mengurangi penggunaan obat diabetes sembari mengontrol gula darah dengan baik. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, stem cell berpotensi meningkatkan jumlah sel pankreas. Jadi, terapi ini dapat mengontrol kadar gula darah
4. Ada berbagai macam penyakit yang dapat diobati dengan Hematopoietic Stem Cells (HSCs) dari darah tali pusat, sumsum tulang, dan darah tepi seperti gangguan sel punca, leukemia akut dan kronis, gangguan mieloproliferatif, dan masih banyak lagi.

Stem cell adalah penjamin pasti pergantian sel-sel baru, jika ada sel-sel dalam tubuh yang rusak. Saat seseorang mengalami luka, sel-sel pada kulit tersebut akan mengalami kematian dengan lebih cepat. Nah, stem cell lah yang bertugas dalam membentuk lapisan-lapisan kulit baru yang nantinya akan menutup luka.

PERAN TALI PUSAT
Terapi stem cell dilakukan dengan syarat; seseorang harus memiliki tali pusat yang masih tersimpan sejak kelahirannya. Sel-sel dari tali pusat ini lah yang digunakan sebagai sumber sel induk. Jika tali pusat sudah tidak ada, jalan lain adalah menemukan donor tali pusat yang cocok.

Harga mahal dan jaminan kesembuhan memang tidak luput dari efek samping selama pelaksanaan terapi dilakukan. Untuk melakukan stem cell, banyak hal yang perlu diperhatikan, seperti masalah keamanan saat pelaksanaan berlangsung. Pasalnya, terapi yang dilakukan ini bisa saja menimbulkan efek samping berbahaya, seperti tumor atau reaksi alergi fatal.

Stem cell merupakan metode yang masih sangat kontroversial di Indonesia. Meskipun begitu, beberapa rumah sakit besar sudah menyediakan layanan ini. Dewasa ini Rumah Sakit yang memiliki layanan terapi stem cell adalah Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Cipto Mangunkusumo di Jakarta dan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo di Surabaya.Kasus yang paling banyak ditangani, yaitu diabetes melitus, nyeri sendi lutut, stroke, penyakit jantung. penyakit hati, saraf, serta penyakit darah berbahaya lainnya.

Selain dua rumah sakit di atas, tercatat ada dua laboratorium yang sudah mengantongi izin dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk mengembangkan terapi sel punca darah tali pusat, yaitu ReGeniC milik PT Bifarma Adiluhung (Kalbe Group) di Jakarta serta Laboratorium Dermama milik PT Dermama Bioteknologi di Solo.Untuk bank penyimpanan sel punca darah tali pusat sendiri didukung ProSTEM atau Prodia StemCell Indonesia, Jakarta.

Adapun beberapa penyakit yang bisa diatasi Stemcell adalah :
1. Diabetes
2. Cancer
3. Heart Disease
4. Parkinson
5. Anti-aging
6. Penyakit Eyes
7. Penyakit Lungs
8. Rambut /Hair
9. Allergy
10. Infection
11. Arthritis
12. High blood pressure
13. Stress and depression
14. Skin disease; psoriasis
15. Chronic pain
16. Autism
17. Sclerosis
18. Alzheimer‘s Disease
19. Weight control

Demikian sekilas info semoga bisacmengertintentang peran Stemcel terhadap kehidupan kita
RobertoNews 1748 《18.1.24 (07.00)》
• Praktisi Dokter dan Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait