Perbandingan iPhone 12 Pro vs iPhone 12 Pro Max

  • Whatsapp

beritalima.com | Seperti yang telah banyak dirumorkan sebelumnya, akhirnya Apple merilis produk-produk smartphone yang kesemuanya sudah support dengan jaringan 5G, yaitu iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Ketiganya dirilis bersamaan di bulan Oktober 2020 atau terlambat satu bulan dari kebiasaan Apple merilis produk mobile mereka, yaitu di bulan September untuk setiap tahunnya.

Khususnya untuk iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, kedua produk ini adalah yang paling dijagokan oleh Apple untuk dapat bersaing dengan produk-produk smartphone kelas flagship besutan vendor lainnya. Namun, secara head-to-head, kira-kira manakah yang lebih hebat? Untuk mengetahuinya, simak ulasannya berikut.

Desain

Dari sisi desain, tidak ada beda antara iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max ataupun yang paling baru muncul, iPhone 12 Mini. Kesemuanya mengadopsi desain dari 2 model terdahulu, yaitu iPhone 4 dan iPhone 5. Bentuknya untuk setiap sisinya tidak lagi memakai desain melengkung atau rounded, melainkan kotak dengan sedikit pangkasan pada pinggirannya. Untuk setiap sudutnya, dibuat melengkung dengan ketebalan yang sama seperti sisi sampingnya.

Hanya saja dari segi ukuran, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max memiliki perbedaan yang cukup signifikan. iPhone 12 Pro memiliki panjang 5,78 inci atau 146,7 mm dengan lebar 2,82 inci atau 71,5 mm serta mempunyai ketebalan 0,29 inci atau 7,4 mm. Bobotnya hanya 6,66 ons atau 189 gram.

Sedangkan iPhone 12 Pro Max mempunyai bentuk dan ukuran jauh lebih besar. Panjangnya mencapai 6,33 inci atau 160,8 mm dengan lebar 3,07 inci atau 78,1 mm dan tebal 0,29 atau 7,4 mm. Perangkat mobile satu ini memiliki berat 8,03 ons atau 228 gram.

Pada bagian depan, kedua perangkat mobile ini dilapisi dengan material khusus yang disebut Ceramic Shield dan untuk sisi belakangnya, Apple menggunakan material kaca yang telah terlindungi dengan material anti-gores dan anti-benturan. Sedangkan untuk frame sampingnya, Apple menggunakan bahan stainless steel dengan warna mengkilap agar memunculkan kesan elegan dan mewah. Kedua model ini juga tersedia dalam 5 warna pilihan, yaitu Silver, Graphite, Gold dan Pacific Blue.

Untuk masalah ketahanan fisiknya, baik iPhone 12 Pro ataupun iPhone 12 Pro Max sama-sama mengantongi sertifikat IP68 yang memilki artian tahan benturan, anti-air dan juga kuat untuk digunakan di berbagai kondisi, cuaca atau bahkan di tempat dengan temperatur yang melebihi normal. Keduanya juga dapat diajak menyelam sampai kedalaman 6 meter dalam waktu 30 menit.

Layar

Mengulas masalah layarnya, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max masing-masing menggunakan layar berjenis Super Retina XDR OLED yang lebih bagus dibandingkan LCD. Apple mengklaim layar Super Retina yang disematkan di dua produk smartphonenya itu memiliki kualitas yang tidak kalah bagusnya dengan jenis layar AMOLED ataupun Super AMOLED.

Tidak hanya sama dari sisi jenisnya, tingkat kecerahan atau brightness terendah dan tertingginya juga sama, yaitu minimal 800 nits dan maksimal 1200 nits. Hanya saja, dikarenakan dimensi dari kedua perangkat berbeda, maka sudah barang tentu ukuran layar iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max juga berbeda. Refresh rate keduanya adalah 60Hz yang diklaim masih cukup lancar ketika digunakan untuk mengoperasikan aplikasi ataupun dipakai bermain game.

iPhone 12 Pro memiliki layar berukuran 6,1 inci atau secara diagonal berukuran 90,2 cm2 dengan rasio screen-to-body yang mencapai 86 persen. Resolusi layarnya adalah 1170 x 2532 pixels dengan tingkat density sebesar 460 ppi.

Sedangkan iPhone 12 Pro Max dilengkapi layar berukuran 6,7 inci atau secara diagonal mencapai 109,8 cm­2 dengan rasio screen-to-body sedikit lebih besar, yaitu 87,4 persen. Resolusi layarnya adalah 1284 x 2778 pixels dan memiliki density 458 ppi.

Layar keduanya support dengan Heptic Touch, warna True Tone, True Depth, HDR, HDR10, Wide Color (P3) sampai juga Dolby Vision. Dan seperti yang sempat disinggung di poin atas, layarnya terlindungi oleh material yang disebut Ceramic Shield yang diklaim mampu menahan benturan atau goresan mayor sampai 4x lebih kuat dibandingkan dengan kebanyakan pelindung layar yang digunakan smartphone lain pada umumnya. Layarnya juga menggunakan coating oleophobic yang tidak akan meninggalkan bekas jari atau sejenisnya setelah digunakan.

Kamera

iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max memiliki fasilitas kamera yang sama. Keduanya dilengkapi dengan 4 buah lensa kamera yang mana 3 terdapat di belakang dan 1 ada di sisi depan. Hanya saja dari segi kualitasnya, ada perbedaan antara keduanya.

Lensa kamera utama dari kedua perangkat mobile ini memiliki resolusi 12MP dengan aperture f/1.6 yang mana sudah support dual pixel PDAF, OIS dan dapat dipakai sebagai media LiDAR (Light Detection and Ranging) Scanner untuk Night Mode serta mampu mengunci fokus objek utama dengan cepat walaupun ada di tempat yang minim pencahayaan.

Lensa kamera kedua sebagai lensa ultrawide dan lensa kamera ketiganya yang berfungsi sebagai telephoto dari kedua perangkat mobile ini juga sama. Masing-masing pun memiliki kemampuan tidak hanya untuk memotret dengan hasil bagus, tapi juga untuk merekam video Dolby Vision HDR sampai dengan 60 fps.

Perbedaan untuk fasilitas kamera dari iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max ini terletak pada besaran sensor lensanya. Sensor lensa utama para iPhone 12 Pro Max lebih besar dibandingkan dengan iPhone 12 Pro. Ditambah lagi, iPhone 12 Pro Max juga dilengkapi dengan IBIS atau Body Image Stabilization, sedangkan iPhone 12 Pro memakai OIS atau Optical Image Stabilization.

Selain itu, jarak fokus dan aperture untuk lensa telephoto iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max berbeda. Lensa telephoto pada iPhone 12 Pro memiliki jarak fokus 52 mm dengan aperture f/2.0, sedangkan pada iPhone 12 Pro Max adalah 65 mm dengan aperture f/2.2. Dengan jarak fokus 65 mm, maka iPhone 12 Pro Max dapat mengambil foto objek dari jarak jauh dengan 5x optical zoom, sedangkan iPhone 12 Pro hanya dapat mencapai 4x optical zoom.

Beralih ke lensa kamera depannya, kedua produk mobile tersebut dilengkapi dengan lensa kamera yang memiliki resolusi, fungsi dan kualitas sama. Lensa kameranya memiliki resolusi sebesar 12MP yang tidak hanya dapat digunakan untuk memotret dengan kualitas tinggi, akan tetapi juga dapat pakai merekam video sampai resolusi 4K atau merekam video HDR dengan Dolby Vision sampai 30 fps.

Internal

Untuk masalah internalnya, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max tidak memiliki perbedaan sama sekali. Keduanya menggunakan operating system iOS 14.1 yang masih dapat diupgrade ke versi 14.2 nantinya. User interface yang digunakan adalah bawaan langsung dari iOS 14 dengan desain gabungan antara minimalis dan sedikit tampilan 3D.

Sedangkan chipset yang digunakannya adalah Apple A14 Bionic dengan fabrikan 5nm. Performa dari chipset terbaru Apple ini sangat bagus dan menduduki urutan pertama dari semua produk chipset besutan pabrik lainnya. Dibandingkan dengan A12 Bionic, performa CPU serta GPU A14 Bionic meningkat sebesar 30 persen dan bila dibandingkan dengan A13 Bionic, terjadi peningkatan sebesar 19 persen untuk CPU-nya dan 27 persen untuk GPU-nya.

Di dalam A14 Bionic tersebut juga terdapat teknologi kecerdasan buatan yang disebut Neural Engine generasi terbaru. Fungsi dari Neural Engine ini sama seperti fungsi teknologi artificial Intelligence pada kebanyakan smartphone Android lainnya. Dengan Neural Engine, maka pengguna dapat mengoperasikan fasilitas FaceID sampai dengan memberikan perintah kepada asisten digital Siri.

Tidak hanya chipsetnya saja yang sama, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max juga dilengkapi dengan prosesor dan kartu grafis yang sama. Prosesor yang dipakai adalah Hexa-core (2×3.1 GHz Firestorm + 4×1.8 GHz Icestorm) dengan kartu grafis Apple GPU (4-core graphics).

Bahkan besaran RAM serta ROM dari kedua perangkat itupun tidak berbeda. iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Max dilengkapi dengan RAM 6GB dan memiliki ROM dalam 3 varian, yaitu 128GB, 256GB dan 512GB. Keduanya juga tidak dilengkapi dengan slot untuk microSD karena dianggap kapasitas internal yang dimiliki sudah lebih dari cukup untuk dipakai menyimpan banyak data.

Baterai

Walaupun sama-sama menggunakan baterai berjenis Lithium Ion, akan tetapi kapasitas baterai iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max berbeda. Pada iPhone 12 Pro, kapasitas baterainya adalah 2815 mAh, sedangkan pada iPhone 12 Pro Max adalah sebesar 3687 mAh. Dan dikarenakan berbeda kapasitas, maka berbeda pula ketahanan baterainya saat digunakan untuk berbagai aktivitas.

Dalam kondisi baterai penuh atau 100 persen, baterai iPhone 12 Pro mampu bertahan sampai dengan 17 jam untuk dipakai memutar video playback dan sampai dengan 11 jam untuk digunakan menonton video streaming. Saat dipakai untuk memutar audio playback, baterainya kuat bertahan sampai dengan 65 jam lamanya.

Sedangkan pada iPhone 12 Pro Max, baterainya dapat dipakai sampai dengan 20 jam lamanya untuk menonton video playback atau juga 12 jam lamanya ketika digunakan memutar video streaming di internet. Ketika digunakan untuk memutar musik atau audio yang tersimpan di dalam perangkat, baterainya mampu bertahan cukup lama, yaitu sampai dengan 80 jam.

Masih sama seperti iPhone 12 ataupun iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max ini tidak dilengkapi dengan charger 20W untuk mengisi ulang baterainya. Produk tersebut dijual secara terpisah. Baik iPhone 12 Pro ataupun iPhone 12 Pro Max, masing-masing support dengan MagSafe wireless charging dan Qi wireless charging.

Kesimpulan

Memang tidak salah apabila Apple menempatkan iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max sebagai produk unggulan di kelas flagship. Hal itu dikarenakan spesifikasi yang dimilikinya sangat bagus. Walaupun ada perbedaan yang dimiliki kedua perangkat, seperti dimensi, ukuran layar sampai dengan beberapa fasilitas kameranya, akan tetapi secara garis besar, kedua perangkat ini memiliki kemiripan mencapai 80 persen. Untuk harganya, kedua perangkat mobile ini hanya memiliki selisih harga USD 100 saja berdasarkan website resminya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait